Kompas.com - 06/12/2021, 15:00 WIB
IFC Tower 2 Jakarta IFC Tower 2 JakartaIFC Tower 2 Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) memberikan fasilitas pinjaman hijau senilai Rp 1,06 triliun kepada PT Kepland Investama untuk proyek International Financial Centre (IFC) Tower 2 di Jakarta.

Bank BTPN selaku pemberi pinjaman tunggal, dan perusahaan investasi properti PT Kepland Investama, menandatangani perjanjian fasilitas pinjaman hijau atau green loan dengan tenor 3 tahun pada 19 Oktober 2021.

Fasilitas pinjaman hijau dalam mata uang rupiah ini diklaim merupakan salah satu yang pertama di pasar Indonesia.

Baca juga: Tuntas 2022, Begini Progres Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia

Head of Wholesale Banking Bank BTPN Nathan Christianto mengatakan, pemberian fasilitas pinjaman ini menunjukkan kemampuannya dalam melakukan transaksi pinjaman yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola.

"Transaksi tersebut juga akan meningkatkan kepercayaan nasabah di Indonesia serta kawasan sekitar di Asia Tenggara terhadap kemampuan Bank BTPN sebagai koordinator pinjaman hijau," katanya dalam keterangan pers, Senin (06/12/2021).

Selain pemberian fasilitas pinjaman hijau, Bank BTPN bersama induk usaha Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) membantu Kepland Investama menerapkan kerangka pinjaman hijau atau Green Loan Framework dan Green Loan documentation.

Agar sejalan dengan kaidah pinjaman hijau Green Loan Principles yang ditetapkan oleh Loan Market Association dan Asia Pacific Loan Market Association (APLMA).

Menurut Nathan, pemberian fasilitas pinjaman hijau ini sejalan dengan inisiatif SMBC dalam upayanya membantu memitigasi dampak perubahan iklim lewat program SMBC GREEN×GLOBE 2030 (GG2030).

"Ini adalah sebuah rencana jangka panjang untuk mengurangi emisi gas rumah kaca untuk mencapai net zero melalui operasinya secara grup pada 2030," tambah Nathan.

PT Kepland Investama, merupakan anak usaha dari Keppel Land Limited yang berkantor pusat di Singapura.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.