Kompas.com - 05/12/2021, 15:36 WIB
Pakuwon Mall, Surabaya Pakuwon JatiPakuwon Mall, Surabaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Mal saat ini tak hanya menjadi pusat perbelanjaan, tetapi telah menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat untuk menghabiskan hari liburnya.

Di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, ukuran mal yang berdiri pun sangat luas sehingga terkadang para pengunjung bisa tersesat di dalamnya.

Selebtwit Handoko Tjung melalui cuitannya bahkan mengandaikan luas mal seperti Grand Indonesia bisa membuat Dora, tokoh utama dalam film kartun besutan Nickelodeon, Dora The Explorer, bisa tersesat.

Meskipun demikian, ternyata Grand Indonesia bukanlah mal terluas di Indonesia. Bukan juga Summarecon Mall Kelapa Gading milik PT Summarecon Agung Tbk.

Bila Anda mengira mal terluas adalah Tunjungan Plaza di Surabaya, Jawa Timur, maka Anda juga keliru.

Baca juga: Apartemen Mewah Para Sultan, Investor Asing, dan Daya Saing Jakarta

Meski memiliki luas area sewa atau nett leasable area (NLA) efektifnya 175.000 meter persegi dan mencakup 6 seri, Tunjungan Plaza bukanlah yang terluas.

Menurut Anggota Dewan Pembina Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alexander Stefanus Ridwan, pusat perbelanjaan terbesar dan terluas di Indonesia adalah Pakuwon Mall Surabaya.

Sama seperti Tunjungan Plaza 1-6, Pakuwon Mall Surabaya dibangun oleh pengembang PT Pakuwon Jati Tbk.

Menurut Stefanus yang juga merupakan Presiden Direktur PT Pakuwon Jati Tbk, luas sewa efektif Pakuwon Mall Surabaya adalah 180.000 meter persegi atau 18 hektar.

"Dengan NLA seluas ini, menjadikannya sebagai mal terbesar dan terluas di Indonesia," kata Stefanus menjawab Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.