Kompas.com - 05/12/2021, 06:00 WIB
Foto udara konstruksi untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di samping Jalan Tol Purbaleunyi di Pasir Koja, Bandung Jawa Barat, Minggu (17/1/2021). ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISIFoto udara konstruksi untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di samping Jalan Tol Purbaleunyi di Pasir Koja, Bandung Jawa Barat, Minggu (17/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah mencapai 79 persen.

KCJB yang dibangun sepanjang 142,3 kilometer akan memiliki empat stasiun.

Keempat stasiun tersebut yakni Stasiun Halim Jakarta, Stasiun Karawang, Stasiun Hub Padalarang, dan Stasiun Tegalluar Bandung.

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Mirza Soraya mengatakan, keempat stasiun KCJB tersebut memiliki progres konstruksi yang berbeda-beda.

Baca juga: Begini Strategi KCIC agar Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Untung

Untuk Stasiun Halim hingga saat ini progresnya telah memasuki tahap topping off dan penyelesaian konstruksi (finishing).

"Untuk pembangunan stasiun Halim sudah dilakukan topping off sekaligus menandai kegiatan konstruksi sudah memastuki tahap struktur atap baja dan juga finishing," kata Mirza kepada Kompas.com, Kamis (02/12/2021).

Sementara Stasiun Karawang dan Tegalluar saat ini KCIC mulai fokus pada bangunan utama stasiun.

"Lalu untuk stasiun Padalarang, kami terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk pengurusan izin paralel dengan dilaksanakannya persiapan Pembangunan stasiun dan penataan kawasan di sekitarnya," terang Mirza.

Mirza menjelaskan, stasiun KCJB akan dibangun secara ikonik dengan mengadaptasi gaya modern-kultural.

Stasiun Halim, contohnya, yang merupakan stasiun awal KCJB akan dibangun dengan mengimplementasikan material modern.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.