Kompas.com - 04/12/2021, 10:00 WIB
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Mugen S. Sartoto Kementerian Perhubungan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Mugen S. Sartoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun sarana pariwisata maritim berupa Kapal Wisata Bottom Glass untuk mendukung kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang di Provinsi Sulawesi Utara dan Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

"Kami akan memberikan hibah Kapal Wisata Bottom Glass di kawasan DPSP khususnya di wilayah Likupang Provinsi Sulawesi Utara dan Labuan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Mugen S Sartoto dalam keterangannya, Jumat (03/12/2021). 

Baca juga: Cukup Rp 100.000, Anda Bisa Menginap di Homestay KSPN Manado-Likupang

Mugen menjelaskan terdapat empat Kapal Wisata Bottom Glass yang sedang dibangun dan akan segera dihibahkan. Dia menyebut, dibutuhkan koordinasi agar kapal ini dapat segera dioperasikan. 

"Terkait progres pembangunan fisik empat unit kapal pada minggu ke-58 saat ini sudah mencapai sekitar 92,52 persen sesuai dengan perencanaan dan diharapkan dapat selesai tepat waktu," ucapnya. 

Adapun keempat kapal tersebut dibangun oleh galangan kapal PT Bayubahari Shipyards, PT  Proskuneo Kadarusman, PT Dumas Tanjung Perak Shipyards, dan PT Ben Santosa.

Kemudian mobilisasi kapal atau kegiatan mengirimkan kapal akan dilakukan dari galangan kapal ke lokasi tujuan yang telah ditentukan yaitu wilayah Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara.

Mugen menyebut pemerintah daerah nantinya wajib menyediakan anggaran pemeliharaan dan operasional kapal.

"Karena ini adalah aset negara dan akan diserahkan kepada masyarakat atau pemerintah daerah dengan mekanisme penyerahan sesuai dengan peraturan yang berlaku," ucap dia. 

Mugen berharap melalui kegiatan ini dapat ditemukan solusi yang tepat dan efisien sehingga aset berupa kapal wisata ini dapat bermanfaat dan dapat dioperasikan oleh Pemerintah Daerah.

Sebagai informasi, Kapal Wisata Bottom Glass adalah jenis kapal yang dibangun pertama kali oleh putra putri terbaik bangsa indonesia yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawah kapal sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan bawah air.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.