Sering Alami Kecelakaan, Transjakarta Gandeng KNKT Audit Keselamatan Operasi

Kompas.com - 04/12/2021, 07:00 WIB
Bus Transjakarta kecelakaan hingga menabrak Pos Polisi di Jalan Meyjen Sutoyo,  Cililitan,  Jakarta Timur, Kamis (2/12/2021). INSTAGRAM/@TMCPoldaMetroBus Transjakarta kecelakaan hingga menabrak Pos Polisi di Jalan Meyjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (2/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan Bus Transjakarta yang seringkali terjadi beberapa waktu terakhir ini menyimpan sejumlah pertanyaan.

Kecelakaan tersebut membuat banyak orang semakin khawatir menggunakan transportasi publik yang menjadi kebanggaan warga Ibu Kota Jakarta.

Teranyar, kecelakaan terjadi di Koridor 1 Blok M-Kota, Jumat (03/12/2021), bus Transjakarta menabrak separator di sekitar Halte Bundaran Senayan arah Kota pada pukul 11.40 WIB.

Sebelumnya, kecelakaan bus Transjakarta juga terjadi di Koridor 5 PGC-Harmoni, bus menabrak pos polisi yang berada tepat di depan Mal Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur, Kamis (02/12/2021) Pukul 12.55 WIB.  

Baca juga: Resmi Bergabung dengan Transjakarta, Koantas Bima Punya Fasilitas Lengkap

PT Transjakarta pun akan melakukan audit keselamatan operasi bekerja sama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Audit ini meliputi dari aspek pramudi yang bertugas, jalan dan armada yang dioperasikan.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan humas PT Transjakarta Angelina Betris mengatakan, hasil rekomentasi dari audit akan dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan prosedur keselamatan pelanggan di internal Transjakarta dan di mitra operator.

"Harapannya agar kejadian serupa tidak terus terjadi di kemudian hari," kata Angelina dalam keterangannya, Jumat (03/12/2021).

Angelina berharap setelah diketahui akar masalahnya, Transjakarta dapat beroperasi dengan tetap memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pelanggannya. 

"Kami harap ini bisa menjadi evaluasi tidak hanya bagi Transjakarta tetapi juga pihak mitra operator. Ke depan Transjakarta akan terus melayani masyarakat dengan rasa aman dan nyaman," pungkas dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.