Kompas.com - 04/12/2021, 04:00 WIB
Ikon baru kota Makassar yakni Jalan Tol Layang A.P. Pettarani, memiliki tekonologi  terkini berupa Structural Health Monitoring System (SHMS). Teknolo ini memungkinkan pengelola jalan tol untuk mengetahui kondisi struktur tol yang secara berkelanjutan. PT Margautama Nusantara (MUN) Ikon baru kota Makassar yakni Jalan Tol Layang A.P. Pettarani, memiliki tekonologi terkini berupa Structural Health Monitoring System (SHMS). Teknolo ini memungkinkan pengelola jalan tol untuk mengetahui kondisi struktur tol yang secara berkelanjutan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Makassar, di Sulawesi Selatan, yang dikelola PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE), menyabet predikat sebagai jalan tol di bawah 15 kilometer terbaik.

Penghargaan tersebut diberikan bertepatan dengan perayaan Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU)  Republik Indonesia ke-76 pada Jumat (3/12/2021).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada Direktur Utama JTSE Ismail Malliungan.

Ismail mengungkapkan, pencapaian ini merupakan hadiah penutup akhir tahun untuk Perusahaan.

Baca juga: Sabet Penghargaan Internasional, Tol Layang AP Pettarani Terapkan Teknologi Ini

“Ini menjadi suatu cerminan bahwa meskipun masih di tengah Pandemi Covid-19, kami tetap konsisten memberikan perlayanan terbaik bagi para pengguna jalan,” ungkap Ismail.

Menurutnya, pencapaian ini hanya dapat diraih berkat dukungan seluruh pihak untuk menciptakan inovasi dan implementasi peningkatan teknologi demi memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi masyarakat.

“Selain itu, pencapaian ini juga bisa terwujud karena adanya sinergi yang baik antara Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan pihak regulator,” tambah Ismail.

Dalam rangka penilaian Jalan Tol Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR, BPJT bersama dengan tim yang dibentuk, melibatkan pihak independen. 

Mulai dari akademisi dan organisasi non-pemerintah digandeng untuk melakukan penilaian.

Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan meliputi beberapa indikator seperti aspek kelancaran, kenyamanan, keselamatan, serta nilai layanan tempat istirahat dan pelayanan (rest area).

JTSE terus berupaya memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), kepedulian terhadap lingkungan, penciptaan berbagai inovasi, termasuk penanganan Covid-19 di tengah pandemi.

Peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan akan terus dilakukan secara konsisten oleh unit bisnis di sektor tol untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.