Kompas.com - 03/12/2021, 09:00 WIB
Tel Aviv adalah kota termahal di dunia untuk ditinggali menurut EIU. DANIEL FERREIRA-LEITS CICCARINO/PA va DW INDONESIATel Aviv adalah kota termahal di dunia untuk ditinggali menurut EIU.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 10 kota dengan biaya hidup termahal di dunia tahun 2021 telah dirilis oleh Economist Inteligence Unit (EIU).

Laporan lembaga riset ekonomi dunia yang berkantor pusat di London ini berjudul Worlwide Cost of Living (WCOL) 2021.

Surveinya membandingkan harga barang dan jasa sebagai biaya hidup dalam dollar AS di 173 kota di dunia.

Pengumpulan data mulai 16 Agustus-12 September 2021. ketika tarif angkutan dan harga komoditas terus meningkat di seluruh dunia.

Kemudian, dikombinasikan dengan permintaan konsumen yang berfluktuasi dan pergeseran nilai tukar, masalah pasokan yang diakibatkannya telah memicu kenaikan harga di kota-kota besar dunia.

Rantai pasokan telah berkontribusi pada kenaikan harga, dengan pandemi Covid-19 serta pembatasan sosial juga masih memengaruhi produksi dan perdagangan di seluruh dunia.

Data yang dirilis EIU juga mengungkapkan kenaikan harga yang melonjak berkontribusi terhadap kenaikan tercepat dalam biaya hidup penduduk kota dalam lima tahun.

Head of Worlwide Cost of Living at EIU Upasana Dutt mengatakan, banyak kota besar masih mengalami lonjakan kasus yang mengarah pada pembatasan sosial.

Meskipun sebagian besar ekonomi di seluruh dunia sekarang pulih ketika vaksin Covid-19 diluncurkan.

"Ini telah mengganggu pasokan barang, yang menyebabkan kekurangan dan harga yang lebih tinggi," kata Upasana Dutt dikutip dari situs EIU.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber EIU
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.