Kompas.com - 03/12/2021, 08:30 WIB
Ilustrasi trotoar Unsplash/NAMUBIIlustrasi trotoar

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan trotoar di suatu ruas jalan cukup krusial sebagai fasilitas publik. Trotoar memberi kemudahan aksesibilitas bagi para pejalan kaki.

Oleh sebab itu, desain trotoar harus mampu menyuguhkan rasa aman dan nyaman bagi setiap orang. Selain juga memperhatikan unsur estetika atau keindahan.

Melansir unggahan akun Instagram Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, trotoar merupakan bagian dari jalan yang disediakan khusus untuk pejalan kaki.

Baca juga: Agar Suami Tak Lagi Rusak Trotoar akibat Istri Terpeleset, Ikuti Syarat Membangunnya

Umumnya, trotoar ditempatkan di sisi luar sejajar dengan jalur lalu lintas dan terpisah dari jalur lalu lintas, dengan permukaannya yang ditinggikan serta dilengkapi kerb.

Fasilitas ini tidak lazim berada di jalan antar-kota, namun trotoar bisa ditemui di lokasi tertentu seperti dekat sekolah, rumah ibadah, hingga rumah sakit.

Akan tetapi, bagian trotoar yang digunakan sebagai lintasan kendaraan, seperti akses ke pertokoan hingga persil, harus mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dari trotoar yang digunakan untuk pejalan kaki.

Sementara untuk trotoar yang dimanfaatkan selain pejalan kaki, yaitu sebagai jalur sepeda, tempat rambu lalu lintas, tempat sampah, hingga pot bunga, harus memperhatikan lebar trotoar yang memenuhi ketentuan minimal untuk pejalan kaki, yaitu 1,5 meter.

Desain teknis trotoar dibuat mengikuti Pedoman Perencanaan Jalur Pejalan Kaki Pada Jalan Umum yang diterbitkan oleh Departemen Pekerjaan Umum pada 1999.

Pembangunan trotoar bisa dipertimbangkan jika merujuk pada dua kondisi. Yakni pada suatu ruas jalan terdapat volume pejalan kaki lebih dari 300 orang per 12 Jam (mulai pukul 06.00-18.00).

Kemudian, ruas jalan dengan volume lalu lintas lebih dari 1.000 kendaraan per 12 Jam (mulai pukul 06.00-18.00).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.