Kompas.com - 03/12/2021, 05:30 WIB
Progres Tunnel I Halim Kereta Cepat Jakarta-Bandung sepanjang 1,8 kilometer PT KCICProgres Tunnel I Halim Kereta Cepat Jakarta-Bandung sepanjang 1,8 kilometer

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan beroperasi dengan kecepatan hingga 350 kilometer per jam.

Dengan kecepatan tersebut, KCJB dilengkapi dengan sejumlah teknologi yang dapat menjamin keamanan operasional.

Terknologi yang dimiliki KCJB ini bahkan mampu mengantisipasi terjadinya bencana seperti gempa, angin kencang, hingga ancaman petir.

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Mirza Soraya mengatakan KCJB memiliki sistem disaster monitoring center atau sistem yang dapat mengantisipasi terjadinya bencana.

Baca juga: Usai Raup PMN, KCIC Pastikan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tuntas Akhir 2022

Kemudian terdapat instrumen pengamatan langsung di lapangan dengan CCTV yang tersambung ke command center KCJB untuk mengirim informasi visual.

Lalu ada juga internal dan eksternal lightning protection system (LPS) pada konstruksi KCJB.

"KCJB memiliki sistem disaster monitoring center, sensor pendeteksi ancaman di sepanjang trase KCJB, dan disaster monitoring terminal di Tegalluar sebagai pusat pengelolaan data kebencanaan," kata Mirza kepada Kompas.com, Kamis (02/12/2021).

Sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya gempa, di sepanjang trase KCJB akan terpasang 7 sensor dengan jarak rata-rata tiap 25 kilometer.

Cara kerja dari sistem ini adalah, setiap sensor akan mengirim data jika mendeteksi getaran ke disaster monitoring center untuk dianalisa dan ditarik kesimpulan untuk dilakukan upaya pencegahan kecelakaan pada KCJB.

Adapun sinyal kegempaan yang pertama kali akan ditangkap dan dikirim oleh alat sensor tersebut berupa gelombang P yang merupakan tanda awal terjadinya gempa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.