Tiga Tol di Kalimantan dan Sulawesi Siap Dilintasi Pemudik Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 02/12/2021, 09:00 WIB
Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Ruas Simpang Susun (SS) Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer Jasa Marga Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Ruas Simpang Susun (SS) Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan tol di Pulau Kalimantan dan Sulawesi siap digunakan pada momen Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR RI, Rabu (1/12/2021).

"Kemudian, Pulau Kalimantan dan Sulawesi, jalan tol yang operasional antara lain Balikpapan-Samarinda 97,3 kilometer," terang dia.

Sementara di Pulau Sulawesi, tol yang siap digunakan yaitu Tol Manado-Bitung (Manado-Danowudu) sepanjang 26,4 kilometer.

Lalu, Tol Ujung Pandang/Makassar Seksi 1-3 sepanjang 10,1 kilometer dan Seksi 4 sepanjang 11,6 kilometer.

Untuk meningkatkan layanan transaksi di jalan tol, akan disediakan mobile reader, mobile top-up, dan penjualan kartu perdana uang elektronik di Gerbang Tol (GT) dengan kepadatan lalu lintas tinggi.

Baca juga: Saat Natal dan Tahun Baru, 673 Kilometer Tol Trans-Sumatera Beroperasi

Lalu, di ruas-ruas rawan kemacetan, 37 toilet cabin, 26 unit mobil tangki air, 10 bus toilet, 20 unit vacuum tinja, dan 34 hidran umum di lokasi rest area dan jalan nasional akan disediakan.

Tim Tanggap Bencana juga akan ditempat di ruas jalan tol dan nasional untuk mengantisipasi kondisi darurat di titik-titik rawan bencana seperti banjir, genangan air, dan tanah longsor.

Sistem contraflow, buka tutup jalan, dan one way akan diterapkan di secara kondisional berdasarkan pemantauan lalu lintas di lapangan.

Ini misalnya dilihat dari CCTV/RTMS dan atas sesuai dengan pengaturan dari Korlantas Polri.

Posko Siaga Taruna Natal 2021 dan tahun baru 2022 akan disebarkan di jaringan jalan nasional di seluruh Indonesia.

Terkait antisipasi penumpang menjelang momen tersebut, Kementerian PUPR akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak.

Misalnya, Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.