Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aset Jalan Rumah Subsidi Rp 504 Juta Diserahkan ke Pemkab Tanah Bumbu

Kompas.com - 02/12/2021, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahkan aset jalan lingkungan Perumahan Alif Azhar Permai senilai Rp 504 juta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Aset jalan lingkungan sepanjang 387 meter ini telah dibangun oleh Ditjen Perumahan Kementerian PUPR pada tahun 2019 lalu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, ini merupakan arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono agar menyerahkan jalan lingkungan sebagai aset Barang Milik Negara (BMN).

“Sesuai arahan Menteri PUPR, aset BMN yang telah dibangun harus segera diserahterimakan pengelolaannya agar tidak menjadi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," kata Khalawi dikutip dari siaran pers, Rabu (1/12/2021).

Khalawi menerangkan, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR saat ini mulai melaksanakan sistem jemput bola dalam pelaksanaan serah terima aset BMN di daerah.

Baca juga: Hingga November, Kementerian PUPR Sertifikasi 20.621 Bidang Aset Tanah BMN

Dalam hal ini, pihaknya menerjunkan tim percepatan serah terima aset ke daerah sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

Dengan sistem jemput bola ini diharapkan agar aset BMN yang telah terbangun dapat segera diserahterimakan dan dikelola oleh pengusul, baik Pemerintah Daerah (Pemda) maupun lembaga.

Menurut Khalawi, manfaat jalan lingkungan tersebut sudah dapat dirasakan langsung oleh sekitar 70 kepala keluarga yang tinggal Perumahan Alif Azhar Permai.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Ashar mengungkapkan, para pengembang perumahan subdisi di Tanah Bumbu sangat membutuhkan bantuan PSU untuk meningkatkan kualitas perumahan untuk masyarakat.

"Apalagi Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada penjualan perumahan bersubsidi," ungkap Zairullah.

Dia mengungkapkan, pihaknya mendukung penyaluran PSU dari Kementerian PUPR sebagai pendorong semangat pengembang dalam menyediakan rumah bagi masyarakat.

"Kami juga siap mengelola aset PSU yang ada," pungkas Zairullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com