Suryacipta Dukung Penuh Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan

Kompas.com - 01/12/2021, 10:30 WIB
Wakil Presiden Direktur PT Suryacipta Swadaya, Wilson Effendy menandatangani komitmen secara resmi melalui Pledge Renewable Energy Commitment (pemanfaatan energi baru dan terbarukan) dalam forum German Renewable Energy Day (RE-Day), Selasa (30/11/2021). 
PT Suryacipta SwadayaWakil Presiden Direktur PT Suryacipta Swadaya, Wilson Effendy menandatangani komitmen secara resmi melalui Pledge Renewable Energy Commitment (pemanfaatan energi baru dan terbarukan) dalam forum German Renewable Energy Day (RE-Day), Selasa (30/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang dan pengelola kawasan industri Suryacipta City of Industri, PT Suryacipta Swadaya mendukung penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) dalam forum kerjasama Indonesia-Jerman.

Seperti diketahui, hubungan diplomatik Indonesia–Jerman telah terjalin secara resmi sejak tahun 1952.

Kedua negara pun sepakat untuk menjalin kemitraan strategis dan fokus pada tiga bidang kerjasama yaitu pendidikan vokasi, energi terbarukan dan maritim.

Terkait kerjasama di bidang energi terbarukan, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM bekerjasama dengan Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) sejak 2018 secara rutin menyelenggarakan acara Indonesia-German Renewable Energy Day (RE-Day).

Baca juga: Sandang Status OVNI, Kawasan Industri Suryacipta Jadi Eco-Industrial Park

Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan penggunaan EBT sebesar 23 persen pada 2025 melalui rencana bauran energi nasional.

RE-Day berlangsung pada 30 November dan 1 Desember 2021, mengusung topik “Power to the Islands! Making Indonesia the Global Leader in Decentralised Power Generation and Green Energy Innovation” dihadiri oleh ratusan peserta dari kedua negara.

Menjadi wadah bertemunya berbagai pihak strategis, RE-Day juga menjadi momentum untuk mengumumkan dan menandatangani komitmen secara resmi melalui Pledge Renewable Energy Commitment.

Wilson Effendy selaku Wakil Presiden Direktur PT Suryacipta Swadaya merupakan satu dari tiga perusahaan di Indonesia yang hadir dan menyatakan komitmen pemanfaatan EBT di perusahaannya.

“Saat ini Suryacipta menerapkan sistem lead by example. Kami mencontohkan penggunaan energi listrik berbasis solar panel fotovoltaik pada gedung dan infrastruktur pada kawasan kami. Kami juga aktif mendorong tenant kami untuk mengikutinya,” ujar Wilson.

Menurut Wilson, ini adalah langkah awal bagi Suryacipta untuk terus meningkatkan kapasitasnya dalam 3 tahun kedepan serta terus mencari, mempelajari dan mengembangkan metode lain untuk diterapkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.