Begini Penjelasan Soal Pengembangan MRT Jakarta Fase 3

Kompas.com - 01/12/2021, 08:30 WIB
Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar di hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019) KOMPAS.com/Ryana AryaditaDirektur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar di hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) masih terus melakukan pengembangan proyek kereta MRT Jakarta.

Setelah proyek MRT Fase 2A yang sedang dalam tahap konstruksi, MRT Jakarta juga sedang mengembangkan desain proyek pembangunan MRT Fase 3 rute Kalideres-Ujung Menteng.

"Hingga saat ini, proses desainnya sedang dikerjakan bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," kata Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar dalam kegiatan Forum Jurnalis MRT Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Rute Kalideres-Ujung Menteng ini, merupakan bagian dari koridor Timur-Barat yang terbentang dari Balaraja hingga Cikarang.

Baca juga: Progres Konstruksi MRT Fase 2A Bundaran HI-Harmoni Capai 25,83 Persen

Rute ini masih berada di dalam wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Sedangkan rute Balaraja-Cikarang merupakan rute perpanjangan ke luar Provinsi DKI Jakarta, yaitu ke arah Provinsi Banten (Balaraja) dan ke Provinsi Jawa Barat (Cikarang).

Adapun panjang rute Kalideres-Ujung Menteng adalah 31,7 kilometer, sedangkan rute Balaraja-Cikarang memiliki total panjang lintasan sekitar 87 kilometer.

William menyebut, MRT Jakarta juga telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong percepatan pelaksanaan MRT Fase 3 ini.

Salah satunya dengan melakukan penjajakan, kerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya pendanaan pembangunan proyek Fase 3 tersebut.

"Sambil menanti proses desainnya selesai, kami terus melakukan penjajakan, serta juga menanti keputusan pemerintah tentang bagaimana mekanisme proyek Fase 3 ini," ucapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.