Kompas.com - 30/11/2021, 21:00 WIB
Pengerjaan fisik konstruksi Moda Raya Terpadu (MRT) Fase 2A Paket Kontrak 201 (CP201) telah mencapai  20,459 persen. Dokumentasi MRT JakartaPengerjaan fisik konstruksi Moda Raya Terpadu (MRT) Fase 2A Paket Kontrak 201 (CP201) telah mencapai 20,459 persen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP201 Bundaran HI-Harmoni telah mencapai 25,83 persen.

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar menuturkan, dalam paket proyek ini terdapat dua stasiun MRT Jakarta yang tengah dibangun yaitu Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas.

Untuk Stasiun Monas, pekerjaan yang sedang dilakukan yaitu meliputi pemasangan rebar (pembesian) untuk persiapan pengecoran roof slab pada stasion box Monas, pengecoran base slab RSS dan persiapan TMB launching shaft sisi selatan.

Sementara pekerjaan yang dilakukan di Stasiun Thamrin yaitu meliputi pekerjaan D-Wall di area TBM shaft selatan, station box selatan, shaft utara.

Baca juga: Simpang Temu Dukuh Atas Bakal Terintegrasi Stasiun LRT Jabodebek

Lalu pekerjaan power blender di station box utara, pekerjaan guide wall shaft utara, pekerjaan kingpost station box selatan, pekerjaan traffic deck pada shaft selatan dan pemasangan tunnel eye untuk persiapan kedatangan TBM di area utara Bundaran HI.

Sebelumnya diketahui, mesin bor terowongan atau tunnel boring machine (TBM) pertama atau TBM 1 untuk MRT fase 2A telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu, 21 November 2021.

TBM 1 tersebut telah selesai difabrikasi di salah satu pabrik milik perusahaan multinasional asal Jepang yaitu Kawasaki Heavy Industries, Ltd di Hangzhou dan Wuhu, Republik Rakyat China.

Nantinya mesin bor terowongan tersebut akan digunakan dalam proyek MRT Fase 2A CP201.

Persiapan peluncuran (launching) dan penggalian terowongan rencananya akan dimulai pada Januari 2022.

Baca juga: Negosiasi Alot, Jepang Pasang Harga Tinggi untuk Proyek MRT Fase 2 CP202-205A

TBM 1 akan diangkut ke Stasiun Bundaran HI pada akhir November 2021 untuk membuat terowongan dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Harmoni.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.