Kompas.com - 30/11/2021, 06:00 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan SDN 01 Kedamin Hulu di Kalimantan Barat Dok. Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan SDN 01 Kedamin Hulu di Kalimantan Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono baru saja meninjau salah satu pembangunan infrastruktur pendidikan di Kalimantan Barat (Kalbar).

Infrastruktur pendidikan dimaksud adalah SDN 01 Kedamin Hulu di Kabupaten Kapuas Hulu, salah satu dari enam sekolah dasar yang direhabilitasi Kementerian PUPR di Kabupaten Kapuas Hulu pada TA 2021.

Basuki memeriksa secara detail beberapa komponen bangunan seperti jendela dan pintu hingga sarana sanitasi untuk memastikan kualitas mutu infrastruktur yang dibangun.

Dia juga meminta agar ketinggian selasar disesuaikan dengan lapangan olahraga, serta diberikan railing pengaman dan pagar keliling untuk memberikan kenyamanan dan keamanan siswa.

Baca juga: Begini Cara Menerapkan Gaya Hidup Hemat Energi di Sekolah

"Lingkungan sekolah harus hijau, lapangan harus ada rumputnya dan ditanami tanaman peneduh," tutur Basuki dalam keterangan pers Minggu (28/11/2021).

Selain itu, mengarahkan agar pembangunan fisik SDN 01 Kedamin Hulu dapat selesai tepat waktu dengan kualitas mutu yang baik.

Sebagai informasi, pembangunan dan rehabilitasi SDN 01 Kedamin Hulu dikerjakan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalbar sejak 6 April 2021 dan ditargetkan selesai Desember 2021.

Saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 94 persen dengan kontraktor pelaksana PT Cakrawala Surya Raya-PT Adian Teknik Natama (KSO).

Adapun pekerjaan fisiknya meliputi pembangunan 11 ruang belajar, perpustakaan, ruang guru, ruang kepala sekolah, UKS, 12 toilet umum, toilet difabel, dan lansekap.

Pekerjaan ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) No. 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dukungan infrastruktur pendidikan merupakan instruksi Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR guna mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.