Permukiman Warga Sekitar Tol Cisumdawu Banjir, Begini Respons Pemerintah

Kompas.com - 30/11/2021, 05:30 WIB
Sejumlah pemukiman warga sekitar Tol Cisumdawu banjir, begini rencana penanganan Pemerintah Dok. Kemenko MarvesSejumlah pemukiman warga sekitar Tol Cisumdawu banjir, begini rencana penanganan Pemerintah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dwauan (Cisumdawu) sebagian besar masih dalam proses pengerjaan.

Tol sepanjang 61,71 kilometer ini ditargetkan selesai konstruksinya pada 2022. Oleh sebab itu, Pemerintah tengah menggenjot percepatan pembangunannya.

Namun, selain konstruksi fisik, terdapat persoalan lain yang harus diselesaikan untuk mempercepat proyek Tol Cisumdawu.

Di antaranya penanganan banjir akibat luapan Sungai Cipelang di Seksi 6B.

Baca juga: Menilik Komponen Keselamatan Terowongan Kembar Tol Cisumdawu

Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air (Asdep IDPSDA) Kemenko Marves Rahman Hidayat menyampaikan hal ini usai meninjau lokasi pada Jumat (25/11/2021).

"Kali ini yang menjadi fokus adalah penanganan banjir terdampak luapan Sungai Cipelang di Seksi 6B yang mengganggu masyarakat," ujarnya dikutip dari laman Kemenko Marves.

Adapun titik yang terdampak adalah delapan unit permukiman di Dusun Cilega, Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.

Genangan air tersebut terjadi selama lebih kurang dua jam akibat curah hujan tinggi dan belum selesainya pembuatan aliran air ke Sungai Cipelang.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisasi dampaknya, kini pihak-pihak terkait sedang menampung aspirasi masyarakat dan menyinergikannya dengan teknik pembangunan jalan tol.

Seperti dibuatnya tanggul penutup sementara di saluran sekitar dan dilakukannya koordinasi intens antara kontraktor dan petugas lapangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.