Kompas.com - 29/11/2021, 10:35 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. DIREKTORAT RUK/ BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRIlustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga 31 Oktober 2021, realisasi Program Sejuta Rumah (PSR) telah mencapai 871.218 unit.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan hal ini dikutip dari siaran pers, Senin (29/11/2021).

"Berdasarkan data yang dimiliki Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, hingga akhir Oktober 2021 lalu tercatat sebanyak 871.218 unit rumah di seluruh Indonesia," jelas Khalawi.

Jumlah ini terdiri dari rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 650.649 unit dan non-MBR sebanyak 220.569 unit.

Untuk pembangunan rumah MBR yang dibangun oleh Kementerian PUPR sebanyak 226.478 unit, Kementerian lainnya sebanyak 1.499 unit, dan Pemerintah Daerah (Pemda) sebanyak 33.275 unit.

Selanjutnya, rumah yang dibangun pengembang sebanyak 376.891 unit, corporate social responsibility (CSR) perumahan 642 unit, serta masyarakat 11.864 unit.

Baca juga: Begini Rapor Program Sejuta Rumah hingga September

Sedangkan rumah non-MBR berasal dari rumah yang dibangun pengembang sebanyak 197.781 unit dan masyarakat 22.788 unit.

Menurut Khalawi, PSR merupakan bentuk percepatan dan kolaborasi antara pemerintah dengan para pelaku pembangunan dalam menyediakan hunian layak bagi masyarakat.

Untuk itu, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR akan terus menggandeng para pemangku kepentingan bidang perumahan.

Ini dilakukan agar mereka tetap bersemangat dalam melaksanakan pembangunannya untuk masyarakat, terutama saat Pandemi Covid-19.

"Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada masa Pandemi Covid-19. Semua elemen masyarakat banyak melakukan aktivitasya di rumah baik bersekolah, bekerja, maupun beribadah sehingga rumah sehat harus diwujudkan dengan baik," kata dia.

Sebagai informasi, PSR telah berjalan selama enam tahun sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Tengah pada tanggal 29 April 2015 lalu.

Sejak dicanangkan hingga akhir 2020 lalu, jumlah PSR telah tercapai sebanyak 5,7 juta unit atau tepatnya 5.765.387 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.