Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selesai 2022, Begini Progres Terbaru Tol Terintegrasi Tanggul Laut Semarang

Kompas.com - 27/11/2021, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 sudah mencapai progres 58,55 persen dan diproyeksikan selesai tahun depan.

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT PP (Persero) Tbk Andi Gani Nena Wea mengungkapkan hal ini dikutip dari siaran pers, Jumat (26/11/2021).

"Sampai pekan kedua November 2021, progres pembangunan jalan tol tersebut telah mencapai 58,55 persen dimana lebih cepat dari yang direncanakan," ungkap Andi.

Jalan tol yang terintegrasi dengan tanggul laut Semarang tersebut membentang sepanjang 26,7 kilometer.

Tol ini terdiri dalam dua seksi yakni Seksi 1 (Semarang/Kaligawe-Sayung) sepanjang 10,39 kilometer dan Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 kilometer.

Masing-masing seksi merupakan porsi pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik PP yaitu PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PPSD).

Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) ini dimulai dari Sayung STA 10+394 sampai dengan STA 26+704.

Baca juga: Bambu Bakal Digunakan dalam Konstruksi Jalan Tol Semarang-Demak

Adapun lingkup pekerjaannya berupa slab on pile sepanjang 9,492 kilometer, timbunan sepanjang 6,144 kilometer, dan struktur jembatan sepanjang 0,679 kilometer.

Pembangunan proyek jalan tol ini sangat menerapkan performance Quality, Health & Safety and Environmental (QHSE) dimana sampai saat ini nihil kecelakaan proyek (zero fatality).

Dia berpesan agar tim proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 terus meningkatkan kualitas pekerjaan, tetap disiplin, dan menjaga QHSE di lingkungan kerja maupun proyek.

Kehadiran proyek tol ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan pusat ekonomi baru di Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, dengan kehadiran jalan tol tersebut diharapkan dapat membuka akses baru dan semakim memudahkan akses yang sudah ada sebelumnya. 

"Kami mengharapkan proyek strategis tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditargetkan tentunya dengan kualitas terbaik," ujar Andi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com