Deddy Herlambang
Pengamat Transportasi

Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (INSTRAN)

KA Cepat Jakarta-Bandung Harus Jualan Non Farebox dengan TOD dan TJD

Kompas.com - 27/11/2021, 14:00 WIB
Desain Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dok. PT KCICDesain Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

SAYA telah berkunjung ke trase KA Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang dibangun PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), dari stasiun Halim lanjut ke Karawang, Padalarang dan Tegalluar.

Ternyata, banyak fakta menarik mengenai lahan-lahan stasiun KCJB yang semua masih berupa lahan kosong kecuali lahan stasiun Halim.

Bahkan, lahan calon stasiun KCJB Karawang dan Padalarang masih kosong, lebih mudah untuk dibangun transit joint development (TJD), daripada kawasan padat yang pasti lebih sulit pengolahannya dari aspek biaya dan sosial.

Apalagi masih ramai diperdebatkan sulitnya balik modalnya KCJB apabila hanya jualan tiket (farebox).

Maka, jualan lahan untuk properti dalam skema TJD dan Transit Oriented Development (TOD) menguntungkan bagi KCIC dalam pengembalian modal pembangunan KCJB kepada China Development Bank.

Mendapatkan keuntungan dari aset-aset bergerak dan tidak bergerak KCIC sebagai pemasaran non-tiket (no farebox) menjanjikan optimisme laba besar daripada pasrah dari jualan tiket KCIC.

Namun jualan tiket atau non-tiket tetap ada koherensinya, apabila load-factor (LF) sesuai target pemasaran pengguna, otomatis pemasaran non-tiket juga akan laku keras.

Jualan non-tiket itu apa saja? Sangat banyak apabila kita kreatif mengolah secara komersial dari sarana dan prasarana KCJB.

Pada sarana KCJB dapat dijual menjadi reklame/iklan komersial yang berjalan (dinamis) baik dalam kabin atau luar kabin sarana.

Sementara prasarana KCJB yang statis seperti stasiun dan jalan rel layang (kolom dan girder ) dapat menjadi media iklan/reklame.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.