Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi Bantuan PSU di Kalimantan Capai 4.212 Unit, Ini Rinciannya

Kompas.com - 27/11/2021, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 4.212 unit rumah bersubsidi di Provinsi Kalimantan telah mendapat bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU).

Jenis komponen bantuan PSU pada tahun 2021 berupa pembangunan jalan lingkungan di perumahan bersubsidi.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Fitrah Nur menyampaikan, realisasi bantuan PSU 2021 di Kalimantan mencapai 4.212 unit dengan anggaran sebesar Rp 40,79 miliar.

Rinciannya Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 1.367 unit, Kalimantan Tengah 321 unit, Kalimantan Selatan 1.623 unit, Kalimantan Timur 771 unit, dan Kalimantan Utara sebanyak 130 unit.

Baca juga: Ini Tantangan dalam Mencari Rumah, Apa Saja?

Sementara, realisasi bantuan PSU secara nasional pada 2021 sebanyak 25.781 unit dari target sebanyak 25.000 unit yang tersebar di 33 provinsi, dengan alokasi sebesar Rp 201,03 miliar setelah refocusing anggaran.

"Pengembang perumahan dan masyarakat pun tentunya bisa merasakan langsung manfaat bantuan PSU. Karena Pemerintah membangun jalan lingkungan yang berkualitas baik," ujar Firah dikutip dari laman Ditjen Perumahan, Jumat (26/11/2021).

Menurut dia, setidaknya ada tiga landasan filosofi penyaluran PSU. Pertama, untuk memberi stimulus bagi pelaku pembangunan dalam membangun rumah MBR.

Kedua, untuk mendorong capaian target Program Sejuta Rumah (PSR) khususnya melalui peran pelaku pembangunan.

Ketiga, memberikan manfaat bagi MBR untuk memperoleh rumah layak huni dan terjangkau dalam bentuk rumah tunggal dan rumah deret di lingkungan perumahan yang dibangun oleh pelaku pembangunan.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, H Hujurat mengatakan, telah menyelesaikan seluruh pembangunan PSU di wilayah kerjanya, yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

"Kami harap bantuan PSU ini bisa memacu semangat para pengembang dalam membangun rumah subsidi sekaligus membantu masyarakat memiliki hunian layak dengan fasilitas yang memadai di masa pandemi ini," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com