Kompas.com - 27/11/2021, 10:00 WIB
Jalan tol layang MBZ resmi ditutup pada masa larangan mudik Idulfitri 1442 H atau hari raya Lebaran 2021 Dok. Jasa MargaJalan tol layang MBZ resmi ditutup pada masa larangan mudik Idulfitri 1442 H atau hari raya Lebaran 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Operation & Maintenance Management Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Atika Dara Prahita mengatakan masih banyak pengendara yang mengabaikan batas kecepatan berkendara di jalan tol.

Hingga November 2021, Jasa marga mencatat rata-rata terdapat sebanyak 14.294 kendaraan yang melakukan overspeed atau berkendara dengan kecepatan melebihi batas di tol Jasa Marga setiap harinya.

"Data itu kami peroleh dari pencatatan laju kendaraan melalui speed camera yang kami pasang di beberapa titik di ruas jalan tol Jabodetabek, Bandung dan Trans Jawa," kata Atika dalam diskusi virtual bertajuk 'Road Safety Ranger of Driving', Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Hingga Oktober, Kecelakaan Tunggal di Tol Jasa Marga Mencapai 44 Persen

Atika menyebut, kendaraan yang melakukan overspeeed terbanyak berada di ruas tol Jalan Layang MBZ dengan angka mencapai 32,66 persen dan Tol Dalam Kota sebesar 19 persen.

"Untuk jumlah kendaraan overspeed terbanyak di ruas tol Jalan layang MBZ itu 32,66 persen dari total kendaraan overspeed di seluruh ruas tol Jasa Marga," ujar Atika.

Karenanya, Jasa Marga bersama Kepolisian RI juga tengah melakukan uji coba penindakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Penyebab utama terjadinya kecelakan di jalan tol yaitu karena faktor pengemudi.

Hingga Oktober 2021, Jasa Marga melaporkan bahwa kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor pengemudi persentasenya mencapai 82 persen.

Sementara sisanya, kecelakaan di jalan tol diakibatkan oleh faktor kendaraan sebesar 17 persen dan hanya satu persen yang diakibatkan oleh faktor jalan dan lingkungan.

Kecelakaan di jalan tol sering kali terjadi karena pengemudi lalai dan kurang antisipasi saat berkendara. Selain itu, penyebab lainnya karena mengantuk.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.