BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Lyman Group

Ini Alasan Investasi Properti pada Akhir 2021 Jadi Pilihan Tepat untuk Mendiversifikasi Aset

Kompas.com - 26/11/2021, 10:21 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Investor kenamaan Sir John Templeton pernah bilang bahwa memiliki beragam instrumen investasi dapat menyelamatkan investor di kemudian hari.

“Lakukan diversifikasi sebanyak mungkin. Hal itu akan memberikan keamanan pula,” kata Templeton menyarankan, seperti dikutip dari Forbes.com, Kamis (10/5/2018).

Saran Templeton tersebut menjadi salah satu strategi yang umum dan jamak digunakan oleh investor hingga saat ini. Dengan menyebar aset ke beberapa instrumen investasi yang berbeda karakteristik, risiko kerugian bisa diminimalisasi. Keseimbangan volatilitas aset pun bisa tercapai.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Ruang Apartemen Tampak Lebih Luas?

Sebaliknya, bila hanya berinvestasi di satu instrumen, risiko kerugian meningkat karena volatilitas pasar bakal mudah memengaruhi instrumen tersebut.

Sebagai contoh, saat pandemi Covid-19. Krisis ekonomi akibat pandemi membuat sejumlah instrumen mengalami gejolak, seperti saham, reksa dana, dan obligasi. Bahkan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menjadi acuan pasar saham di Indonesia mengalami koreksi cukup dalam.

Hal ini mengakibatkan sebagian besar emiten anjlok secara drastis. Alhasil, nilai investasi pada instrumen tersebut juga turun.

Jika menggunakan strategi diversifikasi, kerugian akibat gejolak pasar saham bisa diminimalisasi. Misalnya, selain saham, investor dapat mendiversifikasi asetnya ke instrumen properti dengan risiko kerugian yang lebih kecil.

Selain risiko rendah, instrumen properti, khususnya apartemen, punya kelebihan lain, yakni nilai properti akan terus naik di masa depan, permintaan yang tinggi, dapat dijadikan jaminan, serta bisa disewakan.

Menurut Head of Residential Sales Lyman Property Jakarta, Aldrin Yani, investasi apartemen high end masih menjanjikan karena nilainya masih stabil sampai saat ini. Apartemen bisa menjadi pilihan untuk para investor muda yang ingin memiliki hunian dekat tempat bisnis di ring 1 Kota Jakarta.

“Hunian jenis vertikal tersebut juga cocok dipilih oleh masyarakat Jakarta. Pasalnya, ketersediaan rumah tapak semakin sedikit di kawasan Sudirman. Kalaupun ada, harga rumah tapak di Kawasan tersebut lebih mahal dibandingkan apartemen,” kata Aldrin.

Keuntungan investasi apartemen di akhir 2021

Karena kelebihan itu, properti apartemen di Jakarta dapat menjadi pilihan instrumen investasi untuk mendiversifikasi aset. Terlebih, sektor properti diprediksi akan kembali pulih pada 2022 usai terdampak pandemi.

Berdasarkan data Indonesia Property Watch, sebagaimana diberitakan Kontan, Rabu (25/8/2021), sektor properti mulai menunjukkan geliat pada kuartal II 2021. Di pasar Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Banten, nilai penjualan properti meningkat sebesar 24,4 persen dibandingkan kuartal sebelumnya atau quarter-to-quarter (qtq).

Baca juga: Jadi Primadona, Ini Kelebihan Investasi Properti di Kawasan Sudirman, Jakarta

Prospek cerah investasi instrumen properti pada pengujung 2021 dan 2022 juga ditunjang oleh temuan survei Rumah.com.

Berdasarkan survei tersebut, indeks harga properti di pasar Indonesia mengalami kenaikan 2,24 persen pada kuartal III (Q3) 2021 dibandingkan kuartal sebelumnya. Indeks harga properti pada kuartal ini juga mengalami kenaikan 1,97 persen dibandingkan tahun lalu.

Selain indeks harga properti, minat terhadap listing properti juga mengalami peningkatan pada Agustus 2021 dibandingkan bulan sebelumnya yang mengalami penurunan drastis.

Untuk diketahui, listing properti adalah perjanjian surat kuasa jual untuk menjual properti dari pemilik kepada agen.

Dalam proses listing, terdapat pihak pemilik yang hendak menjual atau menyewakan properti sekaligus ada pihak yang berniat membeli atau menyewanya pada jangka waktu berdekatan.

Peningkatan listing menunjukkan bahwa pasar properti mulai menunjukkan kebangkitan. Hal ini ditunjang oleh pelonggaran aturan pembatasan wilayah dan berangsur normalnya aktivitas masyarakat.

“Hampir semua aktivitas dilakukan dari rumah sehingga traffic di Rumah.com meningkat. Ini menunjukkan ada peningkatan minat terhadap listing properti,” ujar Country Manager Rumah.com Marine Novita seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (5/10/2021).

Pilihan apartemen untuk investasi

Ruangan apartemen Casa Domaine. DOK. Lyman Group. Ruangan apartemen Casa Domaine.

Agar investasi pada apartemen bisa mendapatkan hasil maksimal, investor perlu cermat memilihnya. Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan antara lain lokasi yang strategis, fasilitas lengkap, dan faktor pengembang.

Untuk pemilihan lokasi, apartemen yang berada di kawasan Jakarta Pusat patut dijadikan pertimbangan. Berdasarkan peta persebaran nilai bidang tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN), wilayah pusat Jakarta memiliki nilai jual lebih dari Rp 50 juta per meter persegi.

Nilai tersebut diperkirakan akan terus bertambah setiap tahun, mengingat tingginya kebutuhan apartemen di kawasan tersebut.

Salah satu apartemen yang berada di kawasan strategis Jakarta Pusat adalah Casa Domaine. Apartemen ini berada di dalam area kompleks BNI City yang terintegrasi dengan perkantoran Wisma 46 dan Shangri-La Hotel and Residences.

Perabotan di apartemen Casa Domaine.DOK. Lyman Group. Perabotan di apartemen Casa Domaine.

Selain itu, salah satu apartemen tertinggi di kelasnya, Casa Domaine juga dekat dengan pusat bisnis Sudirman Central Business District (SCBD) serta area strategis lain, seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan Citywalk Sudirman.

Akses menuju dan keluar Casa Domaine juga dipermudah dengan keberadaan Transit Hub Dukuh Atas.

Untuk diketahui, Casa Domaine memiliki dua tower. Pertama, Casa Domaine Tower 1 atau Domaine One dengan tinggi 230 meter. Tower ini memiliki 61 lantai di atas tanah dan 3 lantai di bawah tanah.

Selanjutnya, Casa Domaine Tower Prive setinggi 210 meter. Tower ini memiliki 57 lantai di atas tanah dan 3 lantai di bawah tanah.

Casa Domaine memiliki tiga tipe unit apartemen berbeda, yaitu unit dua kamar tidur (2BR) dengan luas nett lebih kurang 128 meter persegi, tiga kamar tidur (3BR) seluas lebih kurang 146-149 meter persegi, dan unit eksklusif dengan tipe empat kamar tidur (4BR) seluas lebih kurang 278-296 meter persegi.

Tampilan bagian dalam apartemen Casa Domaine. DOK. Lyman Group. Tampilan bagian dalam apartemen Casa Domaine.

Khusus tipe 4BR hanya ada di Tower Prive mulai dari lantai 35. Tipe ini mempunyai sejumlah kelebihan selayaknya hotel bintang lima, yakni ruang tamu super luas, master bedroom dengan kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub dan walk in wardrobe.

Secara umum, ruang tengah pada apartemen Casa Domaine mengusung konsep ruang terbuka masa kini dengan menghadirkan tiga area utama, yaitu ruang tamu atau ruang keluarga, ruang makan, dan dapur bersih (gourmet kitchen).

Ruang terbuka pada apartemen Casa Domaine terasa semakin luas berkat penggunaan jendela besar yang memenuhi hampir 95 persen dinding depan. Dengan demikian, penghuni dapat melakukan segala aktivitas di ruang tengah dan menikmati kenyamanan tinggal di apartemen mewah di pusat kota.

Selain memiliki unit berkelas, apartemen mewah di Jakarta tersebut juga memiliki fasilitas premium bagi penghuni, mulai dari area barbeque, kolam renang, pusat kebugaran, area indoor dan outdoor bermain anak, ruang sauna dan ruang steam, community garden, sky terrace, taman, serta ruang serbaguna.

Salah satu sudut apartemen Casa Domaine. DOK. Lyman Group. Salah satu sudut apartemen Casa Domaine.

Aldrin menjelaskan, Casa Domaine merupakan proyek yang dikembangkan oleh tiga grup besar yang telah berpengalaman dan memiliki reputasi baik di bidangnya, yaitu Lyman Group, Kerry Group, serta Salim Group.

Apartemen Casa Domaine dirancang khusus oleh SCDA Architects dari Singapura. SCDA Architects merupakan salah satu firma arsitektur ternama di dunia.

Firma tersebut telah membangun sejumlah apartemen kelas atas, mulai dari The Marq, The Ladyhill, hingga Nassim Park Residences di Singapura.

Dengan pilihan berbagai unit dan fasilitas kelas atas, Casa Domaine dapat menjadi pilihan investasi properti yang menjanjikan bagi konsumen, khususnya pada akhir 2021.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Casa Domaine, Anda dapat mengunjungi laman www.casadomaine.co.id dan akun Instagram @casa.domaine.


Komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com