Luhut Sebut Sirkuit Mandalika Akan Diperbaiki, Gara-gara Tergenang?

Kompas.com - 22/11/2021, 14:28 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sempat menyaksikan langsung ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (21/11/2021). Akun Instagram Luhut Binsar PandjaitanMenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sempat menyaksikan langsung ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (21/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandilka, Lombok Tengah, Provinsi NTB, telah berakhir pada Minggu (21/11/2021).

Mengutip keterangan pers Senin (22/11/2021), Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan hadir meninjau rangkaian balapan terakhir sebagai penutup WSBK 2021.

Menurut Luhut, Sirkuit Mandalika memiliki standar kelas dunia dengan level high end. Jadi sudah seharusnya anak-anak muda bangga dengan pencapaian ini.

"Kualitas sirkuit ini tentu ada sedikit perbaikan, dan tadi Pak Gubernur dan Pak Menteri Perhubungan sepakat akan segera memperbaiki, selesai Maret 2022. Bulan Maret akan ada seri MotoGP, yang akan dibuat lebih bagus lagi," tutur Luhut.

Baca juga: Diguyur Hujan Sirkuit Mandalika Tergenang, Siapa Bertanggung Jawab?

Apalagi berlangsungnya event internasional seperti WSBK 2021 selama tiga hari itu telah memberikan dampak perekonomian yang signifikan pada masyarakat sekitar.

"Pak Gubernur telah melaporkan bahwa di sini tidak ada satu pun hotel dan homestay yang kosong, malah harganya naik tiga kali lipat. Sewa mobil juga naik, semua ekonomi menjadi hidup," ucap Luhut.

Secara umum pelaksanaan WSBK 2021 perdana di Sirkuit Mandalika berjalan lancar. Hanya, ada kekurangan yang mengundang sorotan publik.

Kekurangan itu adalah ketika sejumlah titik di area lintasan Sirkuit Mandalika tergenang air usai diterpa hujan deras pada Sabtu (20/11/2021).

Alhasil balapan tertunda dan dilanjutkan keesokan harinya.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah mengatakan sistem drainase di lintasan maupun seluruh kawasan sirkuit berfungsi dengan baik.

Baca juga: ITDC Klaim Genangan Air di Area Sirkuit Mandalika Surut dalam Waktu Singkat

Terutama sistem drainase lintasan sirkuit yang telah berfungsi dengan sempurna sehingga mampu menghilangkan genangan air dalam waktu singkat walaupun hujan mengguyur dengan deras.

"Terbukti balapan WSBK hari ini dapat terlaksana walaupun berlangsung dalam kondisi hujan," tandas Ricky dalam keterangan pers, Minggu (21/11/2021).

Dia merasa bangga dapat menyelenggarakan final laga dan menutup WSBK musim 2021 di sirkuit bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.