Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2022, Sistem Transaksi Tol Nontunai MLFF Mulai Diterapkan

Kompas.com - 22/11/2021, 11:14 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan jalan tol, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menerapkan Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Dalam akun Instagram resminya, Senin (22/11/2021), Kementerian PUPR menyampaikan, sistem MLFF ini ditargetkan akan mulai digunakan pada akhir tahun depan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, sistem MLFF ini mulai diimplementasikan pada Desember 2022 di sebagian wilayah.

"Tol di Metropolitan Jabodetabek salah satunya. Sementara alternatif lain di Tol Trans-Jawa," ungkap Danang menjawab Kompas.com, Senin (22/11/2021).

Keputusan implementasi diperkirakan Maret 2022 untuk Fase I dari total 40 ruas jalan tol yang akan mengadopsi sistem MLFF ini.

Baca juga: Akhir 2022, Sistem Transaksi Tol Nontunai MLFF Diterapkan di 40 Ruas Tol

Untuk diketahui, sistem MLFF merupakan inovasi sistem pembayaran nontunai nirsentuh yang dapat menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran jalan tol di Indonesia.

Sistem transaksi ini menerapkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) pada aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Selanjutnya GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system.

Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Dengan sistem ini, nantinya pengendara tidak perlu berhenti di gerbang tol sehingga dapat mempersingkat waktu tempuh.

Baca juga: Ini 40 Ruas Tol yang Akan Terapkan Sistem Transaksi Non-Tunai MLFF

Sebelumnya, uji coba penerapan sistem ini akan dilakukan secara bertahap. Target implementasi bertahap mulai uji coba tahun depan, lalu penerapan penuh pada 2023.

Namun, pada September lalu implementasi sudah masuk dalam tahapan submit dokumen desain. Mulai dari sayembara logo, nama super apps jalan tol, dan mock up aplikasi.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com