Kompas.com - 22/11/2021, 11:14 WIB
Pembukaan tol Serang-Panimpang untuk umum di Gerbang Tol Rangkasbitung, Rabu (17/12/2021) KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDINPembukaan tol Serang-Panimpang untuk umum di Gerbang Tol Rangkasbitung, Rabu (17/12/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan jalan tol, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menerapkan Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Dalam akun Instagram resminya, Senin (22/11/2021), Kementerian PUPR menyampaikan, sistem MLFF ini ditargetkan akan mulai digunakan pada akhir tahun depan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, sistem MLFF ini mulai diimplementasikan pada Desember 2022 di sebagian wilayah.

"Tol di Metropolitan Jabodetabek salah satunya. Sementara alternatif lain di Tol Trans-Jawa," ungkap Danang menjawab Kompas.com, Senin (22/11/2021).

Keputusan implementasi diperkirakan Maret 2022 untuk Fase I dari total 40 ruas jalan tol yang akan mengadopsi sistem MLFF ini.

Baca juga: Akhir 2022, Sistem Transaksi Tol Nontunai MLFF Diterapkan di 40 Ruas Tol

Untuk diketahui, sistem MLFF merupakan inovasi sistem pembayaran nontunai nirsentuh yang dapat menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran jalan tol di Indonesia.

Sistem transaksi ini menerapkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) pada aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Selanjutnya GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system.

Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Dengan sistem ini, nantinya pengendara tidak perlu berhenti di gerbang tol sehingga dapat mempersingkat waktu tempuh.

Baca juga: Ini 40 Ruas Tol yang Akan Terapkan Sistem Transaksi Non-Tunai MLFF

Sebelumnya, uji coba penerapan sistem ini akan dilakukan secara bertahap. Target implementasi bertahap mulai uji coba tahun depan, lalu penerapan penuh pada 2023.

Namun, pada September lalu implementasi sudah masuk dalam tahapan submit dokumen desain. Mulai dari sayembara logo, nama super apps jalan tol, dan mock up aplikasi.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.