Kompas.com - 21/11/2021, 21:00 WIB
KAI Divre II Sumbar Hadirkan Kereta Bagasi Sepeda Non Lipat di KA Lokal KeretaapikitaKAI Divre II Sumbar Hadirkan Kereta Bagasi Sepeda Non Lipat di KA Lokal

 JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Divre II Sumatera Barat menghadirkan inovasi gerbong sepeda non-lipat di KA Lokal.

Vice President KAI Divre II Sumatra Barat (Sumbar) Miming Kuncoro mengatakan fasilitas gebong sepeda non lipat terdapat pada KA Sibinuang yang melayani rute Padang-Pariaman-Naras (PP) dengan kapasitas 12 sepeda dalam satu kali perjalanan.

Menurut dia, inovasi ini hadir setelah diskusi panjang dengan Wakil Gubernur Audy Joinaldy dan Wali Kota Pariaman.

"Sekarang cukup penghobi sepeda di Sumbar yang selain ingin berolahraha juga ingin berwisata. Kita menghadirkan gerbong sepeda non lipat ini untuk merespon hal itu," Miming dalam keterangannya seperti dikutip Antaranews.com, Minggu (21/11/2021)

Sementara dilansir melalui laman instagram @keretaapikita dijelaskan, bagi masyarakat yang ingin menikmati fasilitas tersebut tinggal menambahkan pemesanan bagasi sepeda saat memesan tiket KA Sibinuang melalui aplikasi KAI access versi terbaru.

Baca juga: KAI Luncurkan KAIPay, Pesan dan Bayar Tiket Kereta Jadi Lebih Mudah

Fasilitas kereta bagasi sepeda non lipat di KA Sibinuang ini diberikan secara gratis dan merupakan yang pertama di Indonesia pada layanan KA Lokal.

"Bagasi tidak dikenai biaya tambahan. Jadi cukup membayar sesuai tarif tiket," ujar Miming. 

Sebelum inovasi tersebut diluncurkan secara resmi, PT KAI Divre II Sumbar telah melakukan uji coba dengan pengangkutan enam sepeda dari Stasiun Padang menuju Pariaman dan delapan sepeda dari Pariaman menuju Padang.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengapresiasi inovasi fasilitas sepeda non lipat di gerbung KA Lokal yang disediakan karena akan sangat mendukung dalam pengembangan pariwisata daerah.

"Apalagi kalau nanti rencana reaktivasi seluruh jalur kereta api di Sumbar bisa terealisasi. Ini akan sangat luar biasa," katanya.

Menurutnya akses layanan kereta api di Sumbar memang harus bisa menghadirkan sebuah inovasi yang bisa menarik minat masyarakat memanfaatkan layanan transportasi massal tersebut.

"Karenanya mari berwisata ke Pariaman dengan sepeda menggunakan gerbong sepeda non lipat PT KAI," tuntas Audy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.