5 Ruas Tol Trans-Sumatera Dipastikan Beroperasi Akhir 2021

Kompas.com - 19/11/2021, 12:05 WIB
Tol Cisumdawu ditargetkan rampung akhir 2021. Dok. Kementerian PUPRTol Cisumdawu ditargetkan rampung akhir 2021.

JAKARTA, KOMPAS.comKomite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memastikan lima ruas yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) beroperasi akhir 2021.

Kelima ruas ini adalah Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1, Sigli-Banda Aceh Seksi 2, Pekanbaru-Bangkinang, Bengkulu-Taba Penanjung, dan Binjai-Stabat.

Seluruh ruas tol tersebut akan beroperasi bersamaan dengan tiga ruas lainnya dalam daftar delapan ruas tol baru yang dipastikan beroperasi jelang tutup tahun 2021.

Sekretaris Tim Pelaksana KPPIP Suroto mengatakan, kehadiran jalan tol yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) ini akan membantu peningkatan konektivitas antar-wilayah serta kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan.

"Tambahan jalan tol baru yang dapat selesai dan beroperasi pada akhir 2021 tersebut diharapkan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat," katanya dikutip dari laman KPPIP, Rabu (17/11/2021).

Adapun KPPIP berperan dalam proses prioritisasi anggaran untuk pengadaan tanah dan debottlenecking isu-isu yang terjadi sepanjang proses pembangunan jalan tol sebagai upaya percepatan penyelesaian.

Baca juga: 8 Ruas Tol Ini Dipastikan Beroperasi Akhir 2021

"KPPIP berkolaborasi penuh dengan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam proyek-proyek PSN," pungkasnya.

Berikut ini daftar delapan ruas tol yang beroperasi sebagian hingga akhir tahun 2021:

  1. Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 1,2,3
  2. Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2,3
  3. Tol Serang-Panimbang Seksi 1
  4. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1
  5. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2
  6. Tol Padang-Pekanbaru (Ruas Pekanbaru-Bangkinang)
  7. Tol Bengkulu-Taba Penanjung
  8. Tol Binjai-Langsa (Seksi Binjai-Stabat)

Selain yang beroperasi sebagian, ada dua ruas jalan tol yang bakal beroperasi penuh yaitu Jalan Tol Cinere-Serpong dan Jalan Tol Manado-Bitung.

"Terselesaikannya Jalan Tol Cinere-Serpong akan melengkapi jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) II," ujar Koordinator Project Management Office (PMO) KPPIP Sektor Jalan Tol Kenwie Leonardo.

Jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh, memperlancar mobilitas masyarakat dan logistik, serta menumbuhkan potensi sentra ekonomi baru di sepanjang Serpong, Pamulang, Cinere, Bogor, dan Ciawi.

"Selain itu, Jalan Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara juga akan selesai sepenuhnya pada akhir tahun ini," imbuh Kenwie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.