Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Banjir Bandang di Kota Batu Mendapat Bantuan 200 Sak Semen

Kompas.com - 18/11/2021, 21:30 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Musibah banjir bandang melanda Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Untuk meringankan beban warga terdampak, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bersama distributor semen PT Jawa Berkat Utama, menyalurkan bantuan 200 sak semen.

Material bangunan tersebut didistribusikan untuk perbaikan serta menunjang rekonstruksi rumah warga terdampak banjir.

Bantuan diserahkan oleh General Manager Sales Regional 3 Akhmad Yani Yulianto, kepada Camat Bumiaji Bambang Hari Suliyan, Jumat (12/11/2021).

Akhmad mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada korban dan dukungan terhadap pemulihan infrastruktur pasca musibah banjir bandang.

Baca juga: Mengenal Semen Portland, Favorit Dunia Konstruksi

Selain itu, faktor paling penting adalah rumah merupakan kebutuhan utama sebagai tempat tinggal.

"Kami turut prihatin dan peduli atas bencana banjir yang menimpa, diharapkan dengan bantuan ini dapat bermanfaat untuk meringankan beban para korban," ujar Akhmad Yani Yulianto, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (18/11/2021).

Saat ini, semen dan bahan bangunan lainnya sangat dibutuhkan warga yang mulai melakukan pembangunan dan perbaikan rumah akibat banjir.

Tidak hanya itu, Akhmad juga memastikan, SIG menjamin ketersediaan pasokan semen di daerah terdampak bencana terpenuhi, sebagai bentuk dukungan pihaknya dalam mempercepat pemulihan infrastruktur yang terdampak.

Kasie Kesra Kecamatan Bumiaji Yudhi Suparnadi Arifin menambahkan, musibah banjir bandang telah merusak 31 rumah di Kecamatan Bumiaji.

Dengan rincian, sebanyak 12 rumah warga mengalami kerusakan berat, 5 rusak sedang, dan 7 rumah rusak ringan.

Selain itu, kerusakan juga terjadi pada area perkebunan, saluran air, hingga tempat usaha milik warga setempat.

Saat ini petugas dari Kecamatan Bumiaji dan pihak terkait telah melakukan penyisiran dan pembersihan material pasca banjir.

Mereka juga melakukan pengkajian kebutuhan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pada sektor perumahan dan permukiman, infrastruktur publik, ekonomi produktif dan sosial.

"Adanya bantuan semen, sangat berarti bagi masyarakat untuk kembali melakukan pembangunan rumah. Semoga dapat mempercepat pemulihan infrastruktur akibat bencana yang terjadi," kata Yudhi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com