Kompas.com - 17/11/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi jalan tol. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Ilustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak delapan ruas tol disebut akan menyusul Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 yang telah diresmikan pada Selasa (16/11/2021).

Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memastikan terdapat sejumlah ruas jalan tol baru yang dapat selesai dan beroperasi jelang tutup tahun 2021.

Sekretaris Tim Pelaksana KPPIP Suroto mengatakan, kehadiran jalan tol yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) akan membantu peningkatan konektivitas antar wilayah serta kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan.

Baca juga: Tahun 2022, Proyek Jalan Tol Trans-Sumatera Tahap II Dimulai dengan Investasi Rp 103 Triliun

"Tambahan jalan tol baru yang dapat selesai dan beroperasi pada akhir 2021 tersebut diharapkan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat," katanya dikutip dari laman KPPIP, Rabu (17/11/2021).

Sementara itu, Koordinator Project Management Office (PMO) KPPIP Sektor Jalan Tol Kenwie Leonardo menjelaskan, ruas jalan tol yang selesai sepenuhnya yaitu Jalan Tol Cinere-Serpong dan Jalan Tol Manado-Bitung.

"Terselesaikannya Jalan Tol Cinere-Serpong akan melengkapi jaringan JORR II," ujarnya.

Jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh, memperlancar mobilitas masyarakat dan logistik, serta menumbuhkan potensi sentra ekonomi baru di sepanjang Serpong, Pamulang, Cinere, Bogor, dan Ciawi.

"Selain itu, Jalan Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara juga akan selesai sepenuhnya pada akhir tahun ini," imbuh Kenwie.

Baca juga: Sampai Pengujung 2021, Penambahan Ruas Tol Trans-Sumatera 24 Kilometer

Keberadaan jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas wilayah dan daya saing investasi di tingkat provinsi, serta menumbuhkan potensi baru pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Sulawesi utara.

KPPIP pun memastikan terdapat delapan ruas jalan tol yang dapat beroperasi sebagian pada akhir 2021.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.