3.144 Sertifikat Tanah Aset Daerah Diserahkan Ke Pemprov Jawa Timur

Kompas.com - 17/11/2021, 13:30 WIB
6.096 Sertifikat Aset Pemda Jawa Timur Telah Diterbitkan Kementerian ATR/BPN6.096 Sertifikat Aset Pemda Jawa Timur Telah Diterbitkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan sebanyak 3.144 sertifikat tanah aset daerah ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur

"Ada sebanyak 3.144 sertifikat aset pemda yang telah diserahkan kepada pemerintah provinsi Jawa Timur," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Timur, Jonahar dalam keterangannya, Rabu (17/11/2021).

Jonahar menjelaskan penerbitan sertifikat aset pemda menjadi upaya dalam melindungi dan menjaga aset-aset milik daerah agar tidak hilang.

Hilangnya aset milik daerah ini tentu dapat merugikan negara sekaligus menjadi indikasi adanya penyalahgunaan dan praktik korupsi.

Baca juga: Simak, Ini Cara Memperoleh Perizinan Bangunan Gedung dan Sertifikat Laik Fungsi

"Kami mendukung semua pihak untuk mendaftarkan aset pemerintah berupa tanah sehingga aset tersebut dapat terdaftar dan dijaga, serta dimanfaatkan sesuai peruntukannya," jelasnya.

Penyerahan sertifikat aset pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah provinsi ini, terselesaikan berkat kerja sama yang baik antara seluruh pemangku kepentingan yang berkolaborasi melalui pola Trijuang yang telah dicanangkan bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada akhir Desember 2020.

Penyelesaian penyertifikatan aset pemda juga berkat adanya Petugas Pengelola Pertanahan Daerah (P3D) yang telah mendapatkan pelatihan dari Kementerian ATR/BPN.

Dengan adanya petugas P3D dari pemda maka tenaga dari pemda untuk menyelesaikan aset semakin banyak dan progres semakin cepat.

"Dengan kolaborasi yang baik ini, kami optimis pada tahun 2023 semua aset pemda terdaftar dan bersertipikat," ujarnya.

Penyerahan 3.144 sertifikat aset Pemda dilakukan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (15/11/2021). 

Kepada Kompas.com, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubunan Antar Lembaga Biro Humas Kementerian ATR/BPN Indra Gunawan menyampaikan, total sertifikat aset pemda yang telah terbit yaitu 5.659 sertifikat, namun baru 3.144 sertifikat yang telah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

Adapun sisanya yaitu sebanyak 2.515 sertifikat yang telah terbit akan segera diserahkan.

"Sudah diterbitkan 5.659 aset milik pemda, tetapi yg diserahkan baru sebanyak 3.144," kata Indra saat dihubungi, Rabu (17/11/2021). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.