Ruas Tol Seksi 1 Diresmikan, Kini Serang-Rangkasbitung Hanya 15 Menit

Kompas.com - 17/11/2021, 09:00 WIB
Gerbang Tol Rangkasbitung turut Jalan Tol Serang-Panimbang BPMI Setpres/Muchlis JrGerbang Tol Rangkasbitung turut Jalan Tol Serang-Panimbang

JAKARTA, KOMPAS.com - Diresmikannya Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung akan memangkas waktu perjalanan dari Serang ke Rangkasbitung.

Selain itu, apabila keseluruhan tol beroperasi, waktu tempuh Jakarta ke Tanjung Lesung juga kian cepat. Sehingga efek dari kehadiran ruas tol ini akan cukup terasa bagi masyarakat.

Seperti diketahui, Jalan Tol Serang-Panimbang terdiri dari tiga seksi, yakni Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer, Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles 24,17 kilometer, dan Seksi 3 Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer.

Dibangun melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengam total nilai investasi sebesar Rp 8,58 triliun.

Baca juga: Pemerintah Pasang Target, Tol Serang-Panimbang Rampung Tahun 2023

Untuk Seksi 1 dan 2 menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang, sementara Seksi 3 porsi Pemerintah.

PT Wijaya Karya Serang Panimbang terdiri dari tiga perusahaan, yaitu PT PP (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Jababeka Infrastruktur.

Adapun dalam keterangan pers, Direktur Utama PT PP Novel Arsyad mengatakan, adanya Jalan Tol Serang-Panimbang ini diharapkan menciptakan konektivitas antara daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten.

"Melalui jalan tol ini, masyarakat dapat mempersingkat waktu tempuh dari Serang ke Rangkasbitung hanya 15-20 menit," kata Novel Selasa, (16/11/2021).

Selain itu, mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung yang terletak di Provinsi Banten.

Terpisah, Presiden Jokowi menuturkan, berharap keseluruhan Jalan Tol Serang-Panimbang akan selesai pada akhir 2023 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.