Resmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1, Jokowi: Bisa Genjot Perekonomian Banten

Kompas.com - 16/11/2021, 10:05 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Serang-Panimbang Seksi I ruas Serang-Rangkasbitung pada Selasa (16/11/2021). dok. Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Serang-Panimbang Seksi I ruas Serang-Rangkasbitung pada Selasa (16/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I ruas Serang-Rangkasbitung, Selasa (16/11/2021).

Ia berharap dengan diresmikannya tol ini maka perekonomian di Provinsi Banten dapat semakin membaik.

“Alhamduliah hari ini jalan ol Serang-Panimbang Seksi I, Ruas Serang-Rangkasbitung telah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan. Saya yakin ini akan jadi pengungkit perekonomian Provinsi Banten khususnya di sektiar jalan tol ini yakni di Kabupaten Lebak dan Pandeglang,” ungkap Presiden.

Menurutnya, setelah pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 ini selesai, maka akan dilanjutkan dengan pembanginan Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 kilometer serta Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer.

"Insya Allah, imi akan dituntaskan pada akhir 2023,”sambung Jokowi.

Baca juga: Sebentar Lagi, Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Resmi Dibuka, Tunggu Sertifikat Laik Operasi

Jokowi mengatakan infrastruktr adalah pondasi bagi Indonesia untuk siap bersaing dengan negara-negara lain karena yang dikejar adalah daya saing.

Tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain jika indeks kompetitignya lebih rendah.

Tanpa infrastruktur, barang-barang bisa memiliki harga yang lebih tinggi. Namun jika infrastruktur siap, barang-barang akan terdistribusi lebih baik dan harganya pun menjadi lebih murah.

Kehadiran infrastrutkur juga dapat menciptakan titik-titik perekenomian baru, membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan membangun peradaban negara menjadi lebih maju.

Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 36,5 kilometer ini diresmikan usai mendapatkan sertifikat laik operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Melalui tol ini, pengguna jalan akan menempuh waktu dari Serang ke Rangkasbitung, Lebak, hanya dalam waktu 15-20 menit saja.

Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang dilakukan pemerintah untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.