Kompas.com - 16/11/2021, 08:00 WIB
Bendungan Leuwikeris Kementerian PUPRBendungan Leuwikeris

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangungan Bendungan Leuwikeris yang berada di Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, memasuki tahapan baru.

Sebab, Pemerintah telah melakukan pengalihan sungai atau river diversion ke terowongan pada Jumat, (12/11/2021) lalu. Dengan demikian, pembangunan tubuh bendungan bisa dimulai.

Bendungan ini, memiliki kapasitas tampung 81 juta meter kubik dengan luas area genangan 242 hektar serta 2 terowongan pengelak yang panjang masing-masaing terowongan 1 kilometer.

Mengutip situs Pemprov Jawa Barat, Direktur Bina Teknik Dirjen SDA Kementerian PUPR Eko Winar Irianto mengatakan, pengelakan sungai merupakan salah satu kunci kelancaran suatu tahapan pembangunan bendungan.

Baca juga: Diairi 2023, Bendungan Leuwikeris Suplai Irigasi 11.216 Hektar

"Dengan telah diialihkanya aliran Sungai Citanduy ini ke dua terowongan maka pengerjaan tubuh bendungan sudah bisa dimulai," katanya.

Bendungan Leuwikeris merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang yang tertuang dalam Peraturan Presiden (PP) No. 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

"Bendungan leuwikeris ini dibangun sejak bulan November 2016 dan direncanakan selesai pada pertengahan tahun 2023," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menambahkan, dengan dilakukanya pengalihan aliran sungai Citanduy diharapkan pekerjaan kontruksi utama bendungan dapat selesai sesuai dengan target yang direncanakan.

"InsyaAllah rencananya tahun 2023 Bendungan Leuwikeris sudah dapat diresmikan dan dimanfaatkan airnya oleh masyarakat Kabupaten Ciamis khususnya dan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya serta masyarakat kota Banjar," tutur Yana.

Dia menyampaikan, Kabupaten Ciamis khususnya Kecamatan Lakbok dan Purwadadi merupakan salah satu daerah lumbung padi di Jawa Barat dan juga nasional.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.