Kompas.com - 12/11/2021, 16:00 WIB
Ibu Kota Baru Indonesia KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoIbu Kota Baru Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah masih terus mempersiapkan segala hal terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Kalimantan Timur.

Real Estat Indonesia (REI) juga ditunjuk Pemerintah untuk terlibat di dalamnya dan telah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) IKN khusus.

Sebagai wadah koordinasi dengan Pemerintah dalam pembagian porsi pembangunan kawasan di ibu kota baru.

Ketua Pokja IKN-REI Soelaeman Soemawinata mengatakan, pihaknya akan terlibat dalam beberapa sektor pembangunan di IKN.

Namun tidak hanya terbatas pada perumahan, melainkan juga pengembangan kawasan.

Baca juga: Bakal Investasi di IKN Baru, UEA Minati Tiga Sektor, Apa Saja?

"Tentu kami akan masuk di sektor hunian, tapi selain itu juga industri, kawasan komersial, pendidikan, hingga kesehatan akan kami dukung," katanya dalam konferensi pers virtual bertajuk Launching Situs Data Properti Terintegrasi Untuk Ibu Kota Negara Baru di Akun Youtube Rumah123, Jumat (12/11/2021).

Menurut dia, soal bentuk skema dukungannya masih dalam pembahasan. Apalagi Rancangan Undang-Undang (RUU) IKN masih di DPR RI dan belum ditetapkan.

"Yang pasti skemanya saling menguntungkan dan meringankan Pemerintah. Kami sudah menyiapkan diri, tinggal menunggu arahan Pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP REI Bidang Hubungan Luar Negeri Rusmin Lawin  menambahkan, hunian pertama yang akan dibangun di IKN yakni untuk para PNS.

"Itu akan menjadi trigger-nya. Jadi REI akan mengisi hunian komersial untuk publik, mal, perkantoran, dan fasilitas komersial yang lainnya," ucap dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.