Kompas.com - 11/11/2021, 12:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan akan rumah yang nyaman semakin hari terus meningkat, termasuk untuk kalangan generasi milenial.

Karena pasokan lahan yang kian terbatas, harga rumah pun cenderung meningkat sehingga banyak yang memanfaatkan bantuan dari pemerintah termasuk Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP).

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Arief Sabaruddin mengatakan, tahun 2021 ini, 60 persen debitur FLPP ternyata berasal dari kalangan milenial.

“Realisasi FLPP di tahun 2021 menunjukkan bahwa 60 persen debitur kita ada di bawah usia 30 tahun. Sementara debitur dengan kelompok usia 19-25 tahun sebesar 28 persen. Ini artinya rumah subsidi FLPP jatuh kepada kaum milenial,” jelas Arief, Rabu (10/11/2021).

PBaca juga: Milenial Cenderung Cari Rumah Dekat Pusat Kota

Milenial yang menjadi debitur ini 50 persen di antaranya memiliki rata-rata penghasilan di bawah Rp 4 juta.

Hal tersebut artinya kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sudah memiliki rumah melalui bantuan skema FLPP.

Menurut Arief, salah satu hal yang memudahkan kalangan milenial untuk mendapatkan rumah adalah fasilitas digital.

“Generasi milenial mindset-nya adalah digital. Jadi lembaga kami juga beradaptasi mengembangkan layanan berbasis digital sehingga sambil rebahan saja mereka bisa mencari rumah,” papar Arief.

Ia menambahkan, dari jenis pekerjaan rata-rata penerima KPR FLPP adalah para pekerja di sektor swasta (72 persen), TNI-Polri (12 persen), dan ASN (di bawah 10 persen).

Saat ini, skema penyaluran KPR FLPP oleh PPDP Kementerian PUPR ini telah resmi dihentikan pada 31 Oktober 2021.

Nantinya bantuan FLPP ini akan dialihkan dari PPDPP ke Badan Pengelolaan Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.