Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milenial Cenderung Cari Rumah Dekat Pusat Kota

Kompas.com - 10/11/2021, 21:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Arief Sabaruddin, generasi mengatakan milenial ternyata masih mencari hunian yang dekat dengan pusat kota ketimbang lokasi yang berada di daerah pinggiran.

Fakta tersebut ia sampaikan dalam Ngobrol Bareng yang diadakan oleh Antara News dengan tema “Subsidi Rumah Berkualitas dan Terjangkau bagi Milenial”, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya, para milenial yang membeli rumah menggunakan fasilitas bantuan dari pemerintah yakni Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) masih mencari rumah di sekitar pusat kota.

“Preferensi kalangan milenial saat ini adalah memiih hunian yang berada dekat dengan pusat kota. Kemungkinan krena lebih dekat dengan pusat aktivitas mereka,” jelas Arief.

Baca juga: REI Targetkan Bangun 400.000 Rumah Tahun 2022

Menurutnya preferensi ini sejalan dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengatakan saat ini semakin banyak orang yang memilih untuk tinggal dekat dengan area perkotaan.

Selain lokasi yang ada di pusat kota, pilihan milenial juga jatuh kepada rumah yang berlokasi dekat dengan lokasi kerja mereka terutama di dekat kawasan industri.

“Milenial yang masuk kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan bekerja di daerah-daerah industri juga banyak yang memilih rumah di sekitar kawasan industri,” papar Arief.

Tentunya pemilihan rumah di sekitar kawasan industri bisa menghemat biaya transportasi serta waktu tempuh perjalanan. 

Arief mengakui dengan skema bantuan FLPP yang sudah disalurkan, banyak milenial yang lebih memilih rumah tapak ketimbang rumah susun (Rusun).

Baca juga: Jabar Alami Kemiskinan Ekstrem, Kementerian PUPR Bantu Bangun Rumah Layak Huni

Namun hal tersebut bukan karena ukuran rumah semata. Namun salah satu faktor penyebabnya adalah ketersediaan unit rusun yang terbatas.

Bila ke depannya pengembangan rusun dilakukan oleh pemerintah maka kemungkinan besar akan menjadi incaran dari generasi milenial.

Rusun ini biasanya berlokasi dekat dengan kota dan sangat efisien. Karena itu, bisa saja di kemudian hari rusun malah menjadi hunian yang lebih favorit bagi kalangan milenial,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com