Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Terkini RSP UIN Aluddin Makassar yang Sempat Mangkrak

Kompas.com - 10/11/2021, 10:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pembangunan proyek Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar ditargetkan selesai April tahun 2022.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ahmad Asiri mengungkapkan hal ini dalam press tour di Makassar, Selasa (9/11/2021).

"Sejak tahun 2020 bangunan ini kami (BPPW Sulawesi Selatan Ditjen Cipta Karya) tangani dan Insya Allah April 2022," ungkap Asiri.

Awalnya, gedung ini mulai dibangun pada tahun 2011-2012 oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada tahap pertama dan kedua.

Kemudian, proyek Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Islam Negeri (PTKIN) Sulawesi Selatan ini kembali dilanjutkan oleh PT Jasa Bakti Nusantara tahun 2015 dan akhirnya berhenti pada tahun yang sama.

Pembangunannya saat ini dilakukan oleh kontraktor pelaksana anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yaitu PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk dengan nilai kontrak Rp 133,9 miliar.

Baca juga: Rumah Sakit Mata Pertama Bakal Hadir di Lamongan

Sementara konsultan manajemen konstruksi dilakukan oleh PT Genta Prima Pertiwi dengan nilai Rp 1,55 miliar, serta konsultan pengawasan berkala dilaksanakan oleh PT Dana Consultant dengan nilai Rp 480 juta.

Hingga saat ini, progres konstruksi rumah sakit yang berlokasi di Jalan Sultan Alauddin ini sudah mencapai 79,46 persen per minggu ke 51 atau periode 31 Oktober 2021-6 November 2021.

Progres ini mengalami deviasi positif 2,37 persen dibandingakn rencana yaitu 77,09 persen.

Lingkup kegiatan proyek ini adalah pekerjaan persiapan, struktur, arsitektur, mekanikal dan elektrikal, serta site development.

Terdiri dari 9 lantai ditambah 1 lantai basement, RSP UIN Alauddin ini akan memenuhi kebutuhan rumah sakit yang mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, serta pelayanan kesehatan secara terpadu di Makassar.

Untuk basement, fungsinya digunakan untuk instalasi gizi dan jenazah, laundry, dan gas medik.

Kemudian, lantai 1 untuk ruang Unit Gawat Darurat (UGD), laboratorium, dan poliklinik, lantai 2 untuk ruang poli, endoscopy, dan hemodialisis, lantai 3 untuk ruang operasi, perawaran intensif, kebidanan, dan lantai 3 untuk ruang operasi, perawatan intensif.

Selanjutnya, lantai 4 digunakan untuk ruang pendidikan seperti kelas dan perpustakaan, lantai 5,6,7, dan 8 digunakan sebagai ruang perawatan kelas III, kelas II, I, VIP, dan VVIP, serta lantai 9 untuk ruang manajemen.

Intip progres RSP UIN Alauddin seperti berikut ini:

1. Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar ditargetkan selesai April tahun 2022

Ruang UGD RSP Alauddin MakassarKompas.com/Suhaiela Bahfein Ruang UGD RSP Alauddin Makassar

2. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 2011-2012 oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada tahap pertama dan kedua

Lift RSP Alauddin MakassarKompas.com/Suhaiela Bahfein Lift RSP Alauddin Makassar

3. PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk melanjutkan pembangunan dengan nilai kontrak Rp 133,9 miliar.

Lorong RSP Alauddin MakassarKompas.com/Suhaiela Bahfein Lorong RSP Alauddin Makassar

4. Progres konstruksi rumah sakit yang berlokasi di Jalan Sultan Alauddin ini sudah mencapai 79,46 persen per minggu ke 51 atau periode 31 Oktober 2021-6 November 2021

Ruang VVIP RSP Alauddin MakassarKompas.com/Suhaiela Bahfein Ruang VVIP RSP Alauddin Makassar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com