Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Mangkrak, RSP UIN Alauddin Makassar Ditargetkan Rampung April 2022

Kompas.com - 10/11/2021, 10:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merampungkan pembangunan proyek Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar pada April tahun 2022.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Ahmad Asiri mengungkapkan hal ini saat press tour di Makassar, Selasa (9/11/2021).

"Sejak tahun 2020 bangunan ini kami (BPPW Sulawesi Selatan Ditjen Cipta Karya) tangani dan Insya Allah April 2022," ungkap Asiri.

Awalnya, gedung ini mulai dibangun pada tahun 2011-2012 oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada tahap pertama dan kedua.

Kemudian, proyek Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Islam Negeri (PTKIN) Sulawesi Selatan ini kembali dilanjutkan oleh PT Jasa Bakti Nusantara tahun 2015 dan akhirnya berhenti pada tahun yang sama.

Baca juga: Fasilitas Isolasi Lamongan Terima Pasien Covid-19 dari Rumah Sakit

Karena ada penugasan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), konstruksi RSP UIN Alauddin Makassar kembali dilakukan pada tahun 2020 hingga saat ini.

Pembangunannya saat ini dilakukan oleh kontraktor pelaksana anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yaitu PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk dengan nilai kontrak Rp 133,9 miliar.

Sementara konsultan manajemen konstruksi dilakukan oleh PT Genta Prima Pertiwi dengan nilai Rp 1,55 miliar, serta konsultan pengawasan berkala dilaksanakan oleh PT Dana Consultant dengan nilai Rp 480 juta.

Hingga saat ini, progres konstruksi bangunan gedung yang berlokasi di Jalan Sultan Alauddin ini sudah mencapai 79,46 persen per minggu ke 51 atau periode 31 Oktober 2021-6 November 2021.

Progres ini mengalami deviasi positif 2,37 persen dibandingakn rencana yaitu 77,09 persen.

Lingkup kegiatan proyek ini adalah pekerjaan persiapan, struktur, arsitektur, mekanikal dan elektrikal, serta site development.

Terdiri dari 9 lantai ditambah 1 lantai basement, RSP UIN Alauddin ini akan memenuhi kebutuhan rumah sakit yang mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, serta pelayanan kesehatan secara terpadu di Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com