MRT Jakarta Siapkan Manajemen Lalin Pemindahan Sementara Tugu Jam Thamrin

Kompas.com - 09/11/2021, 15:19 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi Tugu Jam Thamrin di Jakarta, Minggu (8/11/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/focSejumlah kendaraan melintasi Tugu Jam Thamrin di Jakarta, Minggu (8/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam waktu dekat akan memindahkan sementara Tugu Jam Thamrin di Jakarta Pusat yang merupakan bangunan cagar budaya.

Pemindahan Tugu Jam Thamrin dikarenakan adanya pembangunan MRT Jakarta Fase 2A.

Saat ini, MRT Jakarta sedang mengerjakan konstruksi bawah tanah segmen pertama Fase 2A, yaitu paket kontrak 201 sepanjang 2,8 kilometer yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Harmoni.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendi Alhial mengatakan pengerjaan pembangunan jalur MRT Jakarta Fase 2A lebih kompleks dibandingkan Fase 1.

Hal itu karena pembangunannya melalui banyak situs cagar budaya dan adanya temuan arkeologi lainnya.

Salah satu cagar budaya yang teridentifikasi pada lintasan paket kontrak 201 adalah Tugu
Jam Thamrin yang terletak di persimpangan Jalan MH Thamrin dan Jalan Kebon Sirih.

Baca juga: Oktober, Tugu Jam Thamrin Dipindahkan Selama Konstruksi MRT Fase 2A

"Tugu Jam Thamrin perlu dipindahkan sementara sebagai bagian dari proses penggalian struktur bawah tanah Stasiun Thamrin," kata Rendi dalam keterangannya, Selasa (09/11/2021). 

Pekerjaan pemindahan Tugu Jam Thamrin di Jakarta Pusat direncanakan pada November 2021 hingga Desember 2021. 

Pemindahan itu merupakan bentuk upaya dan komitmen MRT Jakarta dalam melestarikan dan mencegah kerusakan cagar budaya serta temuan arkeologi pada lintasan kontruksi MRT Jakarta.

MRT Jakarta bersama dengan kontraktor pelaksana yaitu Shimizu-PT Adhi Karya (Persero) Tbk Joint Venture, telah menyusun metode pekerjaan berupa skema pemindahan sementara.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.