Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Daop 1 Jakarta Siapkan Alat Bencana di Sejumlah Titik Rawan

Kompas.com - 09/11/2021, 05:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi cuaca esktrem yang terjadi di berbagai wilayah. 

Antara lain menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) di beberapa titik yang dapat menjangkau lokasi apabila terjadi hambatan akibat cuaca ekstrim seperti banjir, amblesan dan tanah longsor.

"Memasuki musim penghujan dengan intensitas yang tinggi di beberapa wilayah, kami melakukan berbagai upaya antisipasi untuk memastikan perjalanan KA aman dan nyaman," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Senin (08/11/2021). 

Baca juga: Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Kereta Api, Ini Ketentuannya

Adapun AMUS yang disiapkan terdiri dari batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel, dan alat siaga lainnya yang telah ditempatkan di 28 titik wilayah Daop 1 Jakarta.

Daop 1 Jakarta juga melakukan pemantauan dan pengecekan yang lebih ekstra oleh petugas pemeriksa jalur di sejumlah lokasi rawan banjir dan longsor untuk meminimalisasi risiko dan mempercepat penanganan jika sewaktu-waktu terdapat dampak dari cuaca ekstrim pada operasional KA.

Selain itu antisipasi juga dilakukan melalui pengecekan dan pembersihan maupun normalisasi saluran air di area jalur KA.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau masyarakat untuk peduli dan ikut berpartisipasi menjaga lingkungan di sekitar jalur rel agar operasional perjalanan KA dapat berjalan dengan lancar, aman dan selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com