Kompas.com - 06/11/2021, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan mendukung pengelolaan homestay di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan, homestay yang umumnya dimiliki masyarakat setempat harus menjadi tujuan para wisatawan untuk menginap.

Salah satu langkah yang akan dilakukan yaitu menyiapkan platform dan booking apps untuk menjangkau lebih luas orang serta memudahkan para pemesan yang ingin menginap.

"Kami akan mendukung pengelolaan homestay yang ada di sekitar kawasan mandalika dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps," kata Herlan dalam keterangannya, Jumat (05/11/2021).

Baca juga: Siap-siap, Ada Bundling Paket Wisata Menginap di Homestay Mandalika

Telkom berencana menghubungkan homestay di kawasan Mandalika dengan berbagai aplikasi pemesanan penginapan online milik TelkomGroup.

Beberapa platform yang dimiliki TelkomGroup turut mendukung di antaranya Padi UMKM, My Sooltan, Wonderin, dan Travel Aja.

Selain itu, sebagai dukungan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), TelkomGroup juga menyediakan Point of Sales (PoS) terutama bagi UMKM penyedia merchandise dan food & beverage. 

Perusahaan akan terus memberikan dukungan pengembangan KSPN Mandalika terutama melalui penyediaan konektivitas, platform dan layanan digital di kawasan tersebut. 

Untuk diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga saat ini telah membanun sebanyak 300 unit Saranan Hunian Pariwisata (Sarhunta) atau homestay untuk mendukung pelaksanaan ajang MotoGP Mandalika di NTB.

Kehadiran homestay diharapkan bisa menjadi alternatif hunian bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke NTB selama ajang MotoGP berlangusng sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.