Bina Masyarakat Sekitar Tol Cipali, Astra Resmikan KBA Bongas Kulon

Kompas.com - 02/11/2021, 22:00 WIB
Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYOArus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali melakukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sekitar Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dalam rangka melaksanakan corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Tahun ini, perusahaan melakukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Kampung Berseri Astra (KBA) Bongas Kulon, Kecamatan, Sumberjaya, Kabupaten Majalengka.

Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis menjelaskan, KBA merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan perusahaan yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan program 4 pilar.

"Empat pilar ini meliputi, kesehatan, pendidikan, lingkungan, serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)," ujar Firdaus dalam siaran persnya, Selasa (2/11/2021)

Peresmian pengembangan SDM di KBA Bongas Kulon ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian antara Firdaus dan Kepala Desa Bongas Kulon Abdul Jaelani.

Firdaus menjelaskan, program CSR yang dilakukan oleh perseroan dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

Baca juga: Strategi Astra Property Hadapi Tantangan Tahun 2022

Dia berpendapat, kontribusi Astra Tol Cipali pada KBA ini merupaan bentuk perwujudan filosofi perusahaan yakni menjadi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Dengan keberadaan Tol Cipali, Firdaus berharap dapat memberikan manfaat positif serta berdampak pada perekonomian masyarakat, khususnya KBA Bongas Kulon.

Pada peresmian KBA tersebut, Astra Tol Cipali juga menyerahkan bantuan sepeda motor roda tiga yang nantinya bakal difungsikan dalam rangka kebersihan lingkungan bagi seluruh masyarakat di Desa Bongas Kulon.

Sebelumnya, Astra Tol Cipali telah melakanakan pilar pendidikan dengan membina lima sekolah di sekitar Tol Cipali yaitu SDN Bongas Kulon 3, SDN Bongas Wetan 2, SDN Lojikobong 2, SDN Cidenok, SDN Garangwangi 3.

Dengan potensi 4 pilar yang dimiliki Bongas Kulon diharapkan agar program pembinaan dan pengembangan sumber daya ini dapat berdampak positif kepada masyarakat.

"Sehingga, akan tumbuh inisiatif positif dari masyarakat untuk mengubah kualitas kehidupan masyarakat baik dari sisi pendidikan, kesehatan, lingkungan, maupun UMKM," tandas Firdaus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.