Dana Pengadaan Lahan Tol Trans-Sumatera Telah Dikucurkan Rp 10,89 Triliun

Kompas.com - 01/11/2021, 16:07 WIB
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara meninjau Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Senin (1/11/2021). Dalam kunjungan ini, Suahasil didampingi Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi, dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto. Hilda B Alexander/Kompas.comWakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara meninjau Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Senin (1/11/2021). Dalam kunjungan ini, Suahasil didampingi Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi, dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah menggelontorkan dana sebesar Rp 10,89 triliun untuk pengadaan lahan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Dana tersebut dikucurkan untuk mempercepat pembangunan JTTS sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, pemerintah terus mendorong percepatan pembangunan infrastruktur untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Ini dilakukan dalam mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi juga menciptakan konektivitas di antara kota-kota di wilayah Sumatera," terang Suahasil, Senin (1/11/2021).

Salah satu ruas yang menjadi bagian dari JTTS adalah Tol Pekanbaru-Kandis-Dumai sepanjang 131 kilometer.

Ruas yang menghubungkan Kota Pekanbaru dengan Kota Dumai ini telah beroperasi sejak tahun 2020 silam.

Per 22 Oktober 2021, LMAN telah merealisasikan dana pembebasan lahan sejumlah Rp. 328,956 miliar untuk 2.412 bidang atau seluas 7.894.368 meter persegi.

Baca juga: Ini Catatan Pemerintah atas Tol Pekanbaru-Dumai

Kehadiran jalan tol ini memberikan manfaat bagi masyarakat Sumatera, khususnya Provinsi Riau dan sekitarnya.

Berdasarkan hasil penelitian yang diinisiasi oleh PT Hutama Karya (Persero) Tbk selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), pembangunan ruas tol tersebut memiliki salah satu manfaat ekonomi yaitu menghemat jarak tempuh hingga 51 kilometer.

Artinya, terjadi implikasi pada penghematan waktu tempuh Pekanbaru-Dumai hingga 3 jam perjalanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.