Kompas.com - 28/10/2021, 18:07 WIB
Evergrande, perusahaan raksasa properti China yang mempunyai utang Rp 4.200 triliun. AA/MIGUEL CANDELA POBLACION via DW INDONESIAEvergrande, perusahaan raksasa properti China yang mempunyai utang Rp 4.200 triliun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saham beberapa pengembang China mengalami penurunan tajam pada Kamis (28/10/2021), jelang batas waktu pembayaran utang obligasi China Evergrande Group pada Jumat (29/10/2021).

Seperti dikutip dari Reuters, saham milik Kaisa Group paling terdampak buruk dan kehilangan hampir seperlima dari nilai sahamnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penurunan nilai saham ini terjadi usai laporan dari lembaga survei global S&P Global dan Fitch Ratings, yang menurunkan peringkat performa perusahaan menjadi CCC+.

S&P mengatakan struktur modal Kaisa tidak berkelanjutan mengingat jatuh tempo utang jangka pendek perusahaan yang cukup besar.

Baca juga: Indonesia Harus Waspada terhadap Dampak Kasus Evergrande

Kemudian likuiditas perusahaan dinilai kian melemah, dan arus kas bebas yang tidak memadai hingga 2022.

Sementara itu, Fitch mencatat bahwa tidak semua uang tunai di neraca Kaisa akan tersedia untuk membayar utangnya.

Sejak penguman tersebut, saham Kaisa turun sebanyak 19,9 persen ke level terendah sepanjang masa.

Sedangkan obligasi 11,25 persen yang jatuh tempo pada April 2022 turun lebih dari 8 poin untuk diperdagangkan kurang dari 35 persen dari nominal awal.

Saham China Evergrande juga turun lebih dari 5 persen. Evergrande menghadapi pembayaran kupon obligasi senilai 47,5 juta dolar Amerika (Rp 667 miliar) yang telah jatuh tempo pada 29 September lalu.

Krisis Evergrande ini telah memperburuk tekanan keuangan bagi para pengembang di sektor properti China, yang terkena tindakan keras pemerintah terhadap utang luar negeri yang berlebihan.

Beberapa pengembang properti di China juga memiliki utang di luar negeri yang cukup signifikas. Yango Group Co misalnya yang memiliki obligasi lebih dari 14 miliar Dolar Amerika.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.