Kompas.com - 28/10/2021, 17:00 WIB
Kantor PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Dok. PT Waskita Karya (Persero) Tbk.Kantor PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah menandatangani kesepakatan perjanjian kredit sindikasi sebesar Rp 8,08 triliun dengan tiga bank Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara), Senin (25/10/2021).

Ketiga bank tersebut yakni, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau Mandiri, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Taufik Hendra Kusuma.

Dalam perjanjian tersebut, perseroan mendapatkan pembiayaan sindikasi berupa revolving
facilities.

Ini terdiri dari Bank Mandiri sebesar Rp 3,69 triliun atau menyumbang sebesar 45,71 persen, BNI senilai Rp 1,38 triliun atau mewakili 17,14 persen, serta BRI sejumlah Rp 3 triliun atau sebanyak 37,14 persen.

Fasilitas pembiayaan sindikasi tersebut digunakan sebagai biaya modal kerja untuk penyelesaian 148 proyek penugasan Pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: Waskita Terima Pembayaran Penuh Rp 2,4 Triliun Pelepasan Saham Tol Cibitung-Cilincing

Perjanjian kredit sindikasi ini dijamin oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia atau PII berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 211/PMK.08/2020.

Taufik mengatakan, penndatanganan pembiayaan sindikasi ini menjadi titik balik Waskita untuk menggerakkan kembali proyek yang tertunda.

"Itu termasyk kebutuhan modal kerja dan pembayaran vendor secara bertahap. Hal ini menjadi bagian dari realisasi program perbaikan keuangan secara keseluruhan," ungkap Taufik dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/10/2021).

Penandatanganan ini merupakan rangkaian dari seluruh proses negosiasi dengan para
kreditur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.