Kompas.com - 27/10/2021, 23:45 WIB
Grha Wiksa Praniti di Kota Bandung yang dirancang dengan konsep green building Dok. Kementerian PUPR Grha Wiksa Praniti di Kota Bandung yang dirancang dengan konsep green building

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menginstruksikan agar seluruh bangunan ke PUPR-an dievaluasi sesuai green building code.

Sebab, ancaman perubahan iklim sungguh nyata. Sehingga harus diikuti dengan langkah pencegahan maupun adaptasi, termasuk pada infrastruktur bangunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita sudah punya PP (Peraturan Pemerintah) dan Permen PUPR (Bangunan Gedung Hijau), tapi kita ikuti apa enggak itu?," kata Basuki dalam Acara Puncak Hari Habitat dan Kota Dunia 2021, Rabu (27/10/2021).

"Apa benar tadi Pasar Pariaman itu sudah green building? Apa benar itu rusun kita sudah green building? Jadi harus kita cek betul," jelasnya.

Menurut Basuki, dampak dari perubahan iklim yang paling jelas dan ada hubungannya dengan Kementerian PUPR yakni perubahan siklus hidrometeorologi.

Baca juga: Pembangunan Rusun Dikritik, Desainnya Monoton dan Membosankan

Selain itu juga curah hujan yang datang dalam waktu singkat dengan intensitas yang lebih tinggi. Sehingga menyebabkan banyak wilayah banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

"Itu salah satu dampak dari perubahan iklim yang terjadi yang ada hubungan langsung dengan PUPR," ujarnya.

BMKG juga telah mengingatkan adanya La Nina. Bahkan Kementerian PUPR sudah diundang untuk melakukan rapat koordinasi menghadapi La Nina.

Basuki menyampaikan, dalam satu dekade terakhir ini tidak kurang dari 5.000-an bencana banjir dan banjir bandang dan tanah longsor terjadi di Indonesia.

Kemudian, tidak kurang dari 5.000-an orang yang hilang atau bahkan meninggal serta ratusan ribu rumah rusak karena peristiwa tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.