Kompas.com - 27/10/2021, 22:28 WIB
Menengok pabrik motor listrik Gesits di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat Kompas.com/ArdiansyahFadliMenengok pabrik motor listrik Gesits di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) yang merupakan anak usaha dari PT Wika Industri dan konstruksi (WIKON) atau cucu usaha dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk terus memacu produksi motor listrik Gesits yang telah dimulai sejak Rp 2018.

Sekretaris Perusahaan Wika Mahendra Vijaya mengatakan, pabrik motor listrik Gesits berada di Kawasan Industri WIKA (KIW) yang berlokasi di Jalan Raya Narogong KM 26 Cileungsi Jawa Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya pabrik yang digunakan sebagai lokasi perakitan motor listrik Gesits saat ini merupakan alihfungsi dari pabrik produksi material WIKON sebelumnya.

"WIMA ini kan anak usahanya WIKON. Nah apa yang dipakai WIMA itu dulu adalah manufaktur fasilitasnya WIKON. Jadi dulu pabrik ini sebelumnya memang digunakan untuk produksi juga seperti produksi plastic molding, alumunium casting," kata Mahendra di Pabrik Motor Listrik Gesits, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Anak Usaha WIKA Ekspor 3.600 Komponen Mobil ke Thailand

Mahendra memastikan, seluruh rangkaian perakitan motor listrik Gesits diproduksi di pabrik tersebut. Hal ini sekaligus rumor yang menyebutkan bahwa motor Gesit dibuat di luar negeri.

"Kami pastikan bahwa full assembly (perakitannya) di sini dari tahun 2018. Jadi kalau ada rumor yang bilang motor Gesits itu diimpor dari China kemudian di bawa ke sini dan tinggal ganti merek itu keliru," tegasnya.

Mahendra menjelaskan, hingga kini pabrik motor Gesits mampu memproduksi kapasitas maksimal per harinya yaitu sebanyak 200 unit.

"Tetapi saat ini kami produksinya sesuai dengan permintaan dulu," ucap dia.

Selain perakitan, hampir semua part atau bagian dari motor Gesits juga diproduksi di lokasi yang sama.

Hal itu meliputi perakitan, pengecatan, pembuatan body motor, dan battery repacking.

Baca juga: Optimistis Industri Konstruksi Membaik, WIKA Bidik Kontrak Baru Rp 25 Triliun

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.