Kompas.com - 27/10/2021, 19:25 WIB
Bangunan pasar pon yang mirip bangunan Eropa, yang kini menjadi salah satu kebanggaan warga Trenggalek,Jumat (23/04/2021). SLAMET WIDODOBangunan pasar pon yang mirip bangunan Eropa, yang kini menjadi salah satu kebanggaan warga Trenggalek,Jumat (23/04/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua pasar tradisional di Jawa Timur menerapkan konsep green building atau bangunan gedung hijau.

Keduanya adalah Pasar Pon Trenggalek dan Pasar Legi Ponorogo. Keduanya dibangun oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PPK Prasarana Strategis Wilayah II Jawa Timur Dewi Ardit Arini mengatakan, Pasar Legi Ponorogo dan Pasar Pon Trenggalek itu merupakan contoh penerapan kaidah-kaidah bangunan gedung hijau di Jawa Timur.

"(pembangunan) Ini kami laksanakan di tahun 2020, satu tahun yang lalu. Memang menerapkan kaidah bangunan gedung hijau," katanya dalam Acara Puncak Hari Habitat dan Kota Dunia 2021, Rabu (27/10/2021).

Menurut dia, kedua pasar ini dibangun dengan memilih material yang ada eco labelling. Seperti halnya cat, semen, hingga plafon.

"Jadi dari pemilihan bahan material tersebut juga diharapkan itu nanti kedepannya dimasa jangka panjangnya ini tidak terjadi emisi karbon yang berlebihan dari bangunan tersebut," ujarnya.

Selain itu, juga menggunakan energi dari sisi pencahayaan dan penghawaan pengondisian udara ini tercapai dengan alami, bukan buatan.

"Jadi lebih menghemat energi," imbuhnya.

Adapun manfaat konsep ini bagi masyarakat yaitu menggerakkan roda perekonomian. Karena pasar lebih bersih, bagus, dan nyaman.

Dari sisi lingkungan dampak secara langsung yang mungkin tidak serta merta langsung nampak. Namun, tentunya konsep ini membuat lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.