Kompas.com - 24/10/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi industri baja. ShutterstockIlustrasi industri baja.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lahan industri dekat jalan Tol Trans-Jawa akan dilirik investor baterai kendaraan listrik, teknologi informasi, dan data center

Mereka menguasai permintaan lahan industri sejak program kendaraan listrik Nasional dan Insutri 4.0 mulai dicanangkan Pemerintah Joko Widodo (Jokowi).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, permintaan juga akan berasal dari sektor Fast Moving Consummer Goods (FMCG), logistik, spare parts otomotif dan produk kimia.

Associate Director Research & Consultancy Department Leads Property Services Indonesia Martin Samuel Hutapea mengatakan, karena permintaan ini banyak investor dan pengembang melirik potensi lahan di sisi timur Jabodetabek.

Baca juga: Sektor Properti Libatkan 175 Jenis Industri dan 350 UKM

"Pengembang juga akan melirik potensi lahan kawasan industri di sisi timur Jabodetabek, khususnya yang dekat dengan Jalan Tol Trans-Jawa, karena aksesibilitas yang memadai," ujar Martin dalam keterangan pers, Sabtu (23/10/2021).

Lepas dari itu, pasar lahan industri pada kuartal III-2021 relatif lebih apik dibanding sektor properti lainnya.

Tren pertumbuhan terjadi pada permintaan pasokan hingga tingkat penjualan yang meningkat dibanding kuartal sebelumnya karena pengembang menerima cukup banyak prospek pembelian lahan.

Sehingga pada kuartal ini, terdapat penambahan pasokan lahan industri seluas 26 hektar.

Tambahan ini menjadikan total pasokan kumulatif 12.933 hektar dengan pertumbuhan 0,26 persen dari kuartal sebelumnya.

Baca juga: Kata Airlangga, Industri Properti Serap 19 Juta Pekerja

"Area Bekasi dan Karawang-Purwakarta masih memegang proporsi terbesar distribusi lahan industri di Jabodetabek, yaitu sekitar 74 persen," kata Martin. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.