Kompas.com - 23/10/2021, 19:49 WIB
Ilustrasi hotel. SHUTTERSTOCK/BoylosoIlustrasi hotel.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor perhotelan di Jakarta masih tertekan. Meski tingkat hunian menunjukkan tren kenaikan pada kuartal III-2021, masih belum menyentuh angka 50 persen.

Terlebih, pada kuartal ini terdapat pembukaan tiga hotel baru dengan total 544 kamar. Meliputi The Langham Jakarta, The Orient Hotel Jakarta dan Hilton Garden Inn. Sehingga total pasokan kamar menjadi 54.807 kamar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Associate Director Research & Consultancy Department Leads Property Services Indonesia Martin Samuel Hutapea mengatakan, tingkat hunian hotel anjlok ketika Jakarta mencapai rekor kasus Covid-19 dan kembali menerapkan pembatasan pada Juli lalu.

"Tingkat hunian hotel kembali anjlok hingga sekitar 30 persen dalam dua bulan pertama
kuartal tersebut," kata Martin, Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: Suplai Hotel Berbintang di Indonesia Tumbuh 11 Persen Per Tahun

Menurut dia, permintaan selama periode ini bertumbuh hanya karena lebih didominasi oleh karantina repatriasi wajib untuk pelancong luar negeri dibandingkan staycation.

"Pada akhir kuartal (Oktober), ketika kasus dan pembatasan berkurang, pasar melihat peningkatan yang signifikan, mencatat tingkat hunian rata-rata sebesar 46,63 persen," terang Martin.

Seiring masih minimnya tingkat hunian, average daily rate (ADR) atau tarif harian rata-rata hotel di Jakarta juga mengalami penyesuaian.

Secara keseluruhan untuk hotel bintang 3 hingga bintang 5 tercatat sebesar Rp 964.076 atau turun 2,85 persen dari kuartal sebelumnya.

"Di antara semua kelas hotel, hotel bintang 5 menunjukkan penurunan terendah sebesar 2,57 persen, menjadi rata-rata Rp 1,56 juta," imbuh Martin.

Sementara hotel bintang 3 mencatat penurunan 4,84 persen menjadi Rp 335.242 dan hotel bintang 4 juga turun 4,54 persen menjadi Rp 504.741.

Baca juga: Accor Resmi Operasikan Hotel Berkonsep Kearifan Lokal di Malang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.