Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CKB Buka Rute Baru Pengiriman Kargo Jakarta-Surabaya-Balikpapan

Kompas.com - 22/10/2021, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia jasa logistik terintegrasi PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) memperkuat jaringan kargonya dengan membuka rute dari Jakarta-Surabaya menuju Balikpapan secara langsung.

Pembukaan rute baru ini adalah wujud komitmen perusahaan dalam meningkatkan pelayanan logistik di dalam negeri, khususnya dari Surabaya menuju ke Balikpapan.

Chief Executive Officer PT CKB Iman Sjafei menjelaskan, sebagai perusahaan yang berpengalaman dalam pengangkutan kargo ke seluruh wilayah Indonesia, CKB siap membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan logistik, khususnya dari Surabaya menuju Balikpapan.

“Dengan dibukanya rute pengiriman langsung melalui udara dari Jakarta-Surabaya menuju Balikpapan ini tentu akan menghemat ongkos pengiriman serta membuat pengiriman semakin efisien,” jelas Iman dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Sopir Logistik Boleh Beroperasi pada Masa PPKM, Ini Syaratnya

Untuk pengiriman barang ke Surabaya dan Balikpapan digunakan moda transportasi udara khusus kargo yakni pesawat jenis Boeing 737-300.

Pesawat ini memiliki kapasitas kargo hingga 16,3 ton sehingga memungkinkan spesifikasi muatan OWOS (Over Weight Over Size).

“Kami berharap hadirnya rute baru ini bisa membantu pelaku usaha di Surabaya dalam mengoptimalisasi proses rantai pasoknya. Mulai dari perpindahan dan pengelolaan bahan baku dan komponen sampai pengiriman barang jadi ke pelanggan,” tambah Iman.

Pelanggan sudah mulai memanfaatkan rute baru dan mempercayakan pengiriman kebutuhan logistik melalui CKB dengan total berat muatan kargo lebih dari 12 ton.

Dengan adanya rute penerbangan baru ini, diharapkan pelanggan dan para pelaku usaha dapat menyesuaikan dengan model bisnisnya selain kebutuhan logistik di area Kalimantan dan wilayah Timur Indonesia.

Baca juga: Targetkan Penurunan Biaya 20 Persen, Kemenhub Benahi Logistik Perkotaan

Saat ini Wilayah operasi CKB Group tersebar hingga 41 wilayah yang berada di 34 kota dan 21 provinsi seluruh Indonesia, termasuk kota dan area yang sulit dijangkau transportasi komersial.

Selain itu CKB juga memiliki global network yang tersebar di 40 strategic global partners pada 7 wilayah, serta memiliki lisensi dari pemerintah sebagai operator Pengelola Logistik Berikat (PLB) dan Sertifikasi Authorized Economic Operator (AEO) dari World Customs Organization.

Adapun rute penerbangan reguler khusus kargo udara yang dilayani oleh CKB Group meliputi Singapura-Jakarta, Jakarta-Balikpapan, Balikpapan-Jakarta, Balikpapan-Singapura, Jakarta-Ujung Pandang-Jayapura-Timika, dan Jakarta-Surabaya-Balikpapan.

Bersamaan dengan momentum peluncuran rute baru ini, CKB Group juga turut melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di wilayah Cengkareng-Tangerang.

Bantuan yang diberikan berupa bahan pokok, perlengkapan pencegahan COVID-19, serta bantuan operasional yang diharapkan dapat membantu kebutuhan di kedua panti tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com